LESTARI SY., SRI (2018) PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA PENDIDIK DI SD NEGERI KECAMATAN GUNUNG ALIP KABUPATEN TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (77kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (135kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (196kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (139kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (133kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (27kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (27kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (74kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (9kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (9kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (9kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (7kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja pendidik, pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja pendidik dan pengaruh supervisi kepala sekolah dan iklim organisasi terhadap kinerja pendidik SD Negeri Kecamatan Gunung Alip Kabupaten Tanggamus. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif asosiatif, dengan teknik pengumpulan data berupa angket berskala 5 (lima). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri Kecamatan Gunung Alip Kabupaten Tanggamus yang berjumlah 150 Tenaga pendidik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Double Sampling (Sampel Ganda) sering pula disebut Sequential Sampling (Sampel Berjenjang) atau Multiphase Sampling (Sampel Multitahap) dengan jumlah sampel 30 tenaga pendidik yang mewakili SD Negeri Kecamatan Gunung Alip Kabupaten Tanggamus. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier ganda. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai thit > ttabel pada regresi linear sederhana variabel supervisi kepala sekolah terhadap kinerja pendidik dapat dituliskan dalam rumus Y = 42,177 + 0,746X1 Berdasarkan tingkat keeratan pengaruh maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja pendidik pada SD Negeri Kecamatan Gunung Alip adalah sebesar 76,1% maka dapat dikatakan tergolong pengaruh yang kuat/tinggi. Terdapat hubungan iklim organisasi sekolah terhadap kinerja pendidik dapat dituliskan dalam rumus Y = 13,496 + 0,766X2 yang berarti nilai konsistensi variabel X2 sebesar 13,496. Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,768 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel (iklim organisasi) terhadap variabel terikat (kinerja pendidik) adalah sebesar 76,8%, maka dapat dikatakan tergolong pengaruh yang kuat/tinggi. Hubungan supervisi (X1) dan iklim organisasi (X2) secara bersama-sama terhadap kinerja pendidik (Y) dapat dituliskan dalam rumus Y = 2.601 + 0,649X1 + 0,570X2 yang berarti nilai konsistensi variabel X1 dan X2 sebesar 2,601 dan 0,570 dengan catatan setiap penambahan nilai 5% pada variabel X1 bersama-sama dengan X2 maka nilai pengaruhnya bertambah sebesar 0,649 pada X1 dan 0,570 pada X2. Berdasarkan tingkat keeratan pengaruh maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh supervisi (X1) dan iklim organisasi (X2) secara bersama-sama terhadap kinerja pendidik (Y) pada SD Negeri Kecamatan Gunung Alip Kabupaten Tanggamus adalah 98,6%. Berdasarkan timgkat keeratan pengaruh maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja pendidik pada SD Negeri kecamatan Gunung Alip kabupaten tanggamus adalah 98,6% tergolong pengaruh yang sangat tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 25 Oct 2018 07:52 |
Last Modified: | 25 Oct 2018 07:52 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4729 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |