MANAJEMEN PONDOK PESANTREN (Studi Deskriptif Analitik Pada Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah Al-Muhajirun Desa Negara Ratu Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan, Lampung)

Septuri, S (2018) MANAJEMEN PONDOK PESANTREN (Studi Deskriptif Analitik Pada Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah Al-Muhajirun Desa Negara Ratu Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan, Lampung). PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of A.COVER DEPAN.pdf]
Preview
PDF
Download (94kB) | Preview
[thumbnail of B. HALAMAN FORMALITAS.pdf]
Preview
PDF
Download (615kB) | Preview
[thumbnail of BAB I PENDAHULUAN.pdf]
Preview
PDF
Download (311kB) | Preview
[thumbnail of BAB II KAJIAN TEORETIK.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB IV PENYAJIAN ANALISIS DATA.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB V  KESIMPULAN DAN REKOMENDASI.pdf]
Preview
PDF
Download (170kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
PDF
Download (376kB) | Preview
[thumbnail of RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
PDF
Download (140kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah usaha manusia dalam mengembangkan potensi kepribadiannya, baik potensi jasmani maupun potensi rohanimya. Pengembangan potensi kepribadian tersebut melalui bantuan lembaga pendidikan, maka sesungguhnya antara peserta didik dengan lembaga pendidikan memiliki hubungan yang sinergis, dengan kata lain bahwa pendidikan tersebut, terlaksana bila adanya “input”, (peserta didik) lalu “diproses” oleh lembaga pendidikan ( guru dan penunjangnya) akhirnya akan menghasilkan “output”, maka dalam hal ini jelas keterkaitan antara input, proses dan output pendidikan. Berdasarkan prasurvey, bahwa di Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah Al-Muhajirun Desa Negara Ratu Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, diperoleh data bahwa input yang masuk ke pondok pesantren ini tergolong rendah (buruk), namun outputnya tergolong baik. Selain itu alumni Madrasah Aliyah dari pondok pesantren tersebut, lebih dari 50 % berhasil masuk ke Perguruan Tinggi Negeri maupun perguruan tinggi agama, dan bahwa seluruh alumni SLTA dari Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al- Fatah Al-Muhajirun harus memiliki hafalan Al Qur’an minimal 3 juz, hafalan Hadits minimal 100 hadits. Dari latar belakang masalah tersebut di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah penerapan fungsi manajemen kepemimpinan, manajemen sumber daya manusia (SDM), manajemen kurikulum dan pembelajaran, manajemen peserta didik (santri), serta manajemen sarana prasarana dan keuangan di Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah Al-Muhajirun Desa Negara Ratu Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan, Lampung ? Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif, melalui metode survey. Sebagai informan dalam penelitian ini adalah para Pimpinan Pondok Pesantran Al-Fatah Al-Muhajirun Desa Negara Ratu Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Data penelitian dikumpulkan melalui

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Oct 2018 01:04
Last Modified: 24 Oct 2018 01:04
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4720

Actions (login required)

View Item View Item