PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DI MAN 1 LAMPUNG TENGAH

Mardiana, Nia (2018) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DI MAN 1 LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of NIA MARDIANA.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Peran kepala madrasah sebagai supervisor menjadi penentu kualitas dari seorang guru untuk menstimulasi, mengkoordinasi dan membimbing secara kontinu pertumbuhan dan perkembangan potensi yang mereka miliki di sekolah baik secara individual maupun secara kolektif, agar lebih mengerti dan lebih efektif dalam mewujudkan seluruh fungsi pengajaran serta mampu mengembangkan proses pendidikan yang lebih baik. Peran kepala madrasah sebagai supervisor adalah membantu, memberi suport dan mengikutsertakan, bukan mengarahkan terus menerus. Kalau terus menerus mengarahkan, selain tidak demokratis, juga tidak memberi kesempatan untuk guru-guru belajar berdiri sendiri dalam arti professional. Dari pernyataan diatas penulis mencoba merumuskan masalahnya yaitu bagaimana peran kepala madrasah sebagai supervisor di MAN 1 Lampung Tengah. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi untuk memperoleh data-data yang mendukung data-data dalam penelitian. Sumber data penelitian yaitu Kepala Madrasah dan Guru. Untuk menganalisa data dengan melakukan tahapan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dari pembahasan dapat disimpulkan bahwa peran kepala madrasah sebagai supervisor di MAN 1 Lampung Tengah telah mampu melaksanakan perannya sebagai supervisor. Kepala madrasah telah melaksanakan perannya sebagai koordinator yaitu mengkoordinasi program belajar mengajar, tugastugas anggota staff berbagai kegiatan yang berbeda-beda diantara guru-guru dengan baik. Dalam perannya sebagai pemimpin kelompok kepala MAN 1 Lampung Tengah telah melaksanakan perannya memimpin sejumlah staf guru dalam mengembangkan potensi kelompok, materi pelajaran dan kebutuhan professional guru-guru secara bersama. Dalam perannya sebagai evaluator kepala MAN 1 Lampung Tengah telah melaksanakan perannya sebagai evaluator yaitu membantu guru-guru menilai hasil dan proses belajar sekaligus mengevaluasi dirinya sendiri. Namun kepala MAN 1 Lampung Tengah belum optimal dalam perannya menjadi konsultan bagi guru di MAN 1 Lampung Tengah yang mengalami kesulitan dalam mengatasi anak yang sulit belajar. Kata Kunci: Peran Kepala Madrasah sebagai Supervisor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Oct 2018 03:39
Last Modified: 23 Oct 2018 03:39
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4718

Actions (login required)

View Item View Item