Yuniar, Merlin (2018) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DENGAN SCAFFOLDING PADA PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN KELAS V SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui karakteristik modul pembelajaran dengan scaffolding pada PBL untuk materi operasi hitung pecahan, (2) Mengetahui respon pendidik terhadap kemenarikkan modul pembelajaran dengan scaffolding pada PBL untuk materi operasi hitung pecahan, (3) Mengetahui kelayakan modul pembelajaran dengan scaffolding pada PBL untuk materi operasi hitung pecahan Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Research and Development (R & D) dengan menggunakan prosedur Borg and Gall yang telah dimodifikasi yaitu 10 tahap. Pada penelitian ini dibatasi sampai dengan tahap ke-7. Instrumen yang digunakan berupa kriteria penilaian untuk mnegetahui kelayakan modul pembelajaran untuk mengetahui respon pendidik yaitu dengan menggunakan skala likert dengan empat penilaian disusun dalam bentuk ceklist. Analisis data yang dilakukan yaitu mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif dari dosen ahli materi, ahli media, dan respon pendidik kelas V. Berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh hasil skor kualitas sebanyak 3.43, ahli media diperoleh hasil skor kualitas 3.5, dengan demikian produk yang dikembangkan dinyatakan sangat layak untuk digunakan. Setelah dilakukan validasi produk ke dosen ahli kemudian produk diuji cobakan ke respon pendidik. Diperoleh respon pendidik skala kecil dengan skor kualitas 3.79 dan respon pendidik skala besar dengan skor kualitas 3.45 dinyatakan dalam kriteria sangat menarik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 07:26 |
Last Modified: | 08 Oct 2018 07:26 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4592 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |