Fadhillah, Nurul Isnaini (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IV MI ISMARIA AL-QUR’ANIYYAH BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (12MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis sangatlah diperlukan untuk memahami pelajaran yang diberikan oleh guru. Rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik salah satunya disebabkan karena peserta didik masih jarang diberikan kesempatan untuk bertanya dan berpendapat, sehingga kemampuan berpikir kritis peserta didik tidak mampu tersampaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik mata pelajaran akidah akhlak kelas IV MI Ismaria Al- Qur’aniyyah Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian Kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi eksperimen. Desain Penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group design dengan populasi yaitu seluruh peserta didik kelas IV semester genap di MI Ismaria Al-Qur’aniyyah Bandar Lampung Tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan control, dimana kelas eksperimen (IVA) menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token dan kelas control (IVB) menggunakan model pembelajaran cooperative script. Teknik pengambilan data menggunakan test. Berdasarkan hasil uji lilifors dan uji fisher diperoleh bahwa data hasil tes dari kedua kelompok tersebut normal dan homogeny, sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji-t independent, yaitu diperoleh thitung = 7, 9848, sedangkan ttabel = 1,960, dengan α = 0,05 (5%). Oleh karena thitung >ttabel, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model time token berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak. Hal ini karena peserta didik terlibat langsung dalam pembelajaran dan diwajibkan menggunakan kartu bicaranya sampai habis, sehingga kemampuan berpikir peserta didik mampu tersampaikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 06:57 |
Last Modified: | 08 Oct 2018 06:57 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4590 |
Actions (login required)
View Item |