PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG KOMPETENSI KEPRIBADIANKONSELOR TERHADAP MINAT MEMANFAATKAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 33 BANDAR LAMPUNG

Siti, Widayanti (2018) PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG KOMPETENSI KEPRIBADIANKONSELOR TERHADAP MINAT MEMANFAATKAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 33 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI FIX.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Terdapat bebagai anggapan atau persepsi yang datang dari peserta didik mengenai kepribadian konselor, baik itu persepsi positif maupun persepsi negatif. Persepsi tersebut yang berpengaruh terhadap minat peserta didik dalam memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling yang ada di Sekolah. Penelitian in memiliki rumusan masalah adakah terdapat pengaruh persepsi peserta didik tentang kompetensi kepribadian konselor dalam memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri 33 Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah terdapat pengaruh persepsi peserta didik tentang kompetensi kepribadian konselor dalam memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling Di SMP Negeri 33 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan kuesioner. Data akan dianalisa dengan metode statistik parametrik dengan menggunakan uji prasyarat, uji hipotesis serta uji linieritas. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh hasil analisis uji t diketahui bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara variabel persepsi peserta didik tentang kompentensi kepribadian konselor dan variabel minat memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t sebesar 3,107. Sedangkan pada ttabel adalah 1,665 pada taraf signifikan 5% yang berarti bahwa Ha diterima. Selain itu juga diperoleh persamaan regresi Ӯ =48.279+0,341X. Koefisien regresi variabel (Y) minat memanfaatkan layanan BK sebesar 48.279. koefisien regresi variabel Y sebesar sebesar 0,341; artinya, jika persepsi peserta didik tentang kompetensi kepribadian konselor mengalami kenaikan 1, maka minat memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling akan mengalami peningkatan sebesar 0,341. Koefisien bersifat positif artinya terjadi hubungan positif antara variabel X (persepsi peserta didik tentang kompetensi kepibadian konselor) dan variabel Y (minat memanfaatkan layanan BK), yaitu semakin baik persepsi peserta didik tentang kompetensi kepribadian konselor maka semakin meningkat minat dalam memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling. Kata Kunci : Kompetensi Kepribadian Konselor, Layanan Bimbingan Dan Konseling

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 01 Oct 2018 02:25
Last Modified: 01 Oct 2018 02:25
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4522

Actions (login required)

View Item View Item