Wulandari, Agustina (2018) MANAJEMEN PELAYANAN BIRO PERJALANAN HAJI DAN UMRAH DI PT. PATUNA MEKAR JAYA TOUR & TRAVEL BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (62MB) | Preview |
Abstract
PT. Patuna Mekar Jaya Tour & Travel adalah salah satu lembaga kepariwisataan yang bernuansa Islam, yang memberikan pelayanan kepada calon jamaan haji dan umrah yang dalam pelayanan tersebut sangat memerlukan manajemen yang baik agar tercapainya tujuan lembaga tersebut. Tanpa adanya manajemen maka tujuan pelaksanaan ibadah haji dan umrah tidak dapat diwujudkan secara optimal, efektif dan efisien. Oleh karena itu maka lembaga ini memerlukan manajemen yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Bagaimana penerapan fungsi manajemen pada PT. Patuna Mekar Jaya Tour & Travel Bandar Lampung?; 2) Bagaimana penerapan manajemen pelayanan jamaah haji dan umrah yang diberikan PT. Patuna Mekar Jaya Tour & Travel Bandar Lampung?. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di PT. Patuna Mekar jaya Tour & Travel Bandar Lampung. Penulis mengambil sampel dengan menggunakan purposive sample yaitu mengambil subjek berdasarkan ciri-ciri atau karakteristik yang telah ditentukan, maka sampel dari penelitian ini berjumlah 5 orang. Metode pengumpulan data yaitu melalui wawancara (interview), observasi dan dokumentasi, untuk mendapatkan data tentang manajemen pelayanan di PT. patuna Mekar Jaya Tour & Travel Bandar Lampung, dan setelah data terkumpul maka peneliti menganalisis data-data yang ada menggunakan metode analisa kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pelayanan ibadah haji dan umrah pada PT. Patuna Mekar Jaya Tour & Travel Bandar Lampung, yaitu perencanaan PT. Patuna Mekar Jaya Tour & Travel Bandar Lampung adalah mengecek kembali seluruh persyaratan dan kerjasamanya dengan instansi-instansi terkait. Pengorganisasian pada travel ini adalah mengelompokkan atau saling terkait antara divisi dengan divisi lainnya. Penggerakan yang dilakukan dalam hal ini adalah melalukan semua pekerjaan sesuai dengan tugasnya masing-masing. Pengawasan yang dilakukan adalah mengawasi seluruh rangkaian kegiatan apakah sudah sesuai dengan yang telah disepakati atau tidak. Pelayanan yang diberikan PT. patuna Mekar Jaya Tour & Travel Bandar Lampung ini meliputi administrasi, transportasi, akomodasi, konsumsi, dan kesehatan. PT. Patuna Mekar jaya Tour & Travel memberikan pembinaan manasik di Tanah Air 3 kali dan di Tanah Suci 1 kali. Dan PT. Patuna Mekar Jaya Tour & Travel memberikan pelindungan asuransi kepada jamaah. Kata kunci:
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 26 Sep 2018 06:40 |
Last Modified: | 26 Sep 2018 06:40 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4487 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |