MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Marfuatun, M (2018) MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI MARFUATUN.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Manajemen layanan dalam perpustakaan sangatlah penting, diantaranya berupa layanan sirkulasi yang merupakan kegiatan melayani dan pengembalian buku, serta berupa layanan referensi yang melayani dalam pemberian informasi dan pemberian bimbingan belajar. Dalam meningkatkan manajemen layanan perpustakaan, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan manajemen layanan perpustakaan di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan manajemen layanan dalam perpustakaan sangatlah penting guna meningkatkan kenyaman bagi pengguna perpus. Berkenaan dengan judul sekripsi ini, manajemen layanan perpustakaan di MTs Muhammadiyah sukarame bandarlampung mengalami beberapa kendala dan perlu ada solusinya. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana layanan perpustakaan di MTs Muhammadiyah sukarame bandarlampung. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, sehingga dalam proses pengumpulan datanya penulis menggunakan metode observasi sebagai metode pokok, dan dilengkapai dengan metode Observasi ,interview, dokumentasi, sebagai metode bantu agar diperoleh data yang valid dan kuat. Adapun dari hasil penelitiannya yaitu manajemen layanan perpustakaan telah menjalankan layanan sirkulasi diantaranya: mengawasi setiap keluarnya bahan pustaka, melakukan pendaftaran anggota perpus, peminjaman dan pengembalian bahan pustaka, menentukan penggantian buku yang dihilangkan anggota, penataan koleksi di rak. Sedangkan dalam menjalankan layanan referensi yaitu diantaranya dalam pemberian informasi dan bimbingan belajar. Untuk menganalisa data yang telah diperoleh dari lapangan tersebut, penulis menggunakan analis induktif yaitu cara berfikir yang berangkat dari pengetahuan (fakta) yang bersifat khusus dan dari fakta yang bersifat khusus itu ditarik generalisasi-generalisasinya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh bahwa layanan perpustakaan itu ada 2 yaitu layanan sirkulasi dan layanan referensi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 12 Sep 2018 03:23
Last Modified: 12 Sep 2018 03:23
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4383

Actions (login required)

View Item View Item