ANDISKA, GARDEN SEPTIA (2018) REMEDIASI MISKONSEPSI MELALUI MODEL SSCS (SEARCH, SOLVE, CREATE, SHARE) DENGAN METODE RESITASI PADA MATERI SUHU DAN KALOR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (5MB) | Preview |
Abstract
Miskonsepsi merupakan salah satu sumber kesulitan bagi peserta didik dalam mempelajari fisika. Jika miskonsepsi dibiarkan secara terus menerus maka dapat mengakibatkan hasil belajar yang rendah. Upaya meremediasi miskonsepsi dapat dilakukan dengan menerapkan model dan metode pembelajaran baru, salah satunya menggunakan model SSCS dengan metode resitasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model SSCS dengan metode resitasi terhadap Miskonsepsi peserta didik. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Poor Experiment dengan desain one group pretest-post test. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas X SMAN 1 Adiluwih, dengan sampel kelas X 2. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Untuk Mengukur Miskonsepsi peserta didik digunakan tes diagnostik Two-Tier Multiple Choice, dan untuk mengetahui keterlaksanaan model dilakukan observasi. Uji Hipotesis digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model SSCS dengan metode resitasi terhadap penurunan miskonsepsi peserta didik, setelah dianalisis uji-t dengan menggunakan SPSS 18 didapat nilai signifikansi thitung < 0,05 yaitu dengan nilai signifikansi 0,00. Hal ini menunjukkan bahwa model SSCS dengan Metode resitasi berpengaruh terhadap penurunan miskonsepsi Peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | ADMINLIB PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 05 Sep 2018 07:08 |
Last Modified: | 05 Sep 2018 07:08 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4375 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |