Analia, Yeni (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS DI MI AL KHAIRIYAH KALIAWI BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Proses pembelajaran di MI Al-Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung belum mencapai hasil yang optimal, hal ini disebabkan karena strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru Ilmu Pengetahuan Sosial masih menggunakan metode ceramah dan penugasan. Sehingga keterlibatan peserta didik selalu pasif karena pembelajaran masih didominasi oleh guru dan menyebabkan pembelajaran menjadi monoton, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil belajar peserta didik yang berjumlah 18 orang yang tuntas 6 orang (33.3%) dan yang belum tuntas 12 orang (66.7%) dengan demikian hasil belajar IPS dikategorikan rendah. Untuk itu diperlukan berbagai strategi pembelajaran yang cocok salah satunya adalah strategi pembelajaran Inkuiri. Adapun rumusan masalah yaitu “Apakah penerapan strategi inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di kelas V MI AL Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Al-Khairiyah Kaliawi yang berjumlah 18 peserta didik. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari 4 tahapan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Jenis data yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan strategi pembelajaran Inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas V MI Al-Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I mengalami peningkatan dari 18 peserta didik yang tuntas dengan 10 orang (55.6%) dan yang belum tuntas 8 orang (44.4%), pada siklus II mengalami peningkatan dari 18 peserta didik dengan ketuntasan 16 orang (88.9%) dan yang belum tuntas 2 orang (11.1%). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Peninggalan sejarah yang ada di Indonesia peserta didik kelas V MI Al-Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata kunci: Strategi Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | HAMID FAHMI FAHMI |
Date Deposited: | 21 Mar 2017 01:37 |
Last Modified: | 21 Mar 2017 01:37 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/435 |
Actions (login required)
View Item |