PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

Sari, Meta Diana (2018) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (70MB) | Preview

Abstract

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya kepala sekolah memiliki gaya kepemimpinan masing-masing yang sangat mempengaruhi kinerja guru dilingkungan kerjanya masing-masing. Keberhasilan serta kegagalan sekolah sangat ditentukan oleh kepala sekolah dalam mengelola guru yang tersedia di sekolah, karena kepala sekolah merupakan pengendali dan penentu arah yang hendak ditempuh oleh sekolah menuju tujuannya. Akan tetapi berdasarkan observasi penulis di MAN 2 Bandar Lampung menunjukkan bahwa Gaya Kepemimpinan yang digunakan oleh kepemimpinan saat ini ialah gaya kepemimpinan Laissez Faire, pemimpin membiarkan bawahannya berbuat sekehendaknya. kepala madrasah memberikan gaya kebebasan apa yang dikerjakan oleh para bawahannya untuk melaksanakan tugasnya dengan bebas sesuai dengan kehendak bawahannya. Akan tetapi kinerja gurunya sudah bagus, seperti ketika mengajar dikelas para guru menggunakan media pembelajaran yang cukup memadai, ada juga guru yang memberikan bimbingan secara khusus dan individual bagi peserata didik yang kesulitan atau belum menguasai kompetensi dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru di MAN 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di MAN 2 Bandar Lampung, dengan jumlah populasi 53 orang. Pengujian validasi dan reabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis datanya yaitu menggunakan analisa korelasi sederhana (Product Moment). Uji persyaratan analis terdiri dari uji normalitas, uji lineritas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru di MAN 2 Bandar Lampung dengan koefisien pearson correlation sebesar 0,414 yang berarti hubungn tersebut dinyatakan sedang atau cukup. Dari data tabel Product Moment untuk N=53 pada taraf signifikan 5% diketahui rtabel = 0,279 dan rhitung = 0,414sehingga rhitung ≥ r rtabel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 03 Sep 2018 06:21
Last Modified: 03 Sep 2018 06:21
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4349

Actions (login required)

View Item View Item