Yulianti, Hanik Nanda (2018) IMPLENTASI PERMAINAN TRADISIONAL SUNDA MANDA DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI KELOMPOK B1 DI TAMAN KANAK-KANAK TUT WURI HANDAYANI KECAMATAN LANGKA PURA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Permainan tradisional adalah permainan yang dilakukan masyarakat secara turun-temurun dan merupakan hasil dari penggalian budaya lokal yang didalamnya banyak terkandung nilai-nilai pendidikan dan nilai budaya, serta dapat menyenangkan hati yang memainkanya. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah “ Bagaimanakah Implementasi Permainan Tradisional Sunda Manda Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini Kelompok B1 Taman Kanak-kanak Tut Wuri Handayani Kecamatan Langka Pura Bandar Lampung ?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi permainan tradisional sunda manda dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini kelompok B1 Taman Kanak-kanak Tut Wuri Handayani Kecamatan Langka Pura Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa. Alat pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu Observasi, Wawancara serta Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat penulis simpulkan bahwa motorik kasar anak belum berkembang secara maksimal dikarnakan anak-anak terlalu jenuh menunggu giliran saat bermain karena guru membagi kelompok yang seharusnya 2-3 kelompok menjadi 6 kelompok sehingga mengakibatkan kejenuhan pada anak dan pada saat giliran kelompok yang terakhir anak sudah bosan sehingga ketika bermain tidak maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | ADMINLIB PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 08 Aug 2018 06:37 |
Last Modified: | 08 Aug 2018 06:37 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4257 |
Actions (login required)
View Item |