Zainuri, Mohammad (2018) EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL DI SMA IT BABUL HIKMAH KALIANDA LAMPUNG SELATAN. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Manusia adalah makhluk yang pandai berbicara, menulis, dan menggunakan bahasa tubuh. Manusia menyampaikan pendapat, perasaan dan tindakannya melalui memerlukan komunikasi. komunikasi merupakan kegiatan yang sangat penting dalam berorganisasi. Komunikasi yang terjadi di sekolah adalah komunikasi dua arah yang disebut dengan komunikasi interpersonal. Komuninikusi interpersonal yang efektif memerlukan sikap saling respect, empathy,audible, clarity, dan humble. Hal tersebut yang mendorong penulis untuk meneliti efektivitas komunikasi interpersonal di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Babul Hikmah Kalianda Lampung Selatan Penelitan ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan sumber data kepala sekolah, dan guru di SMA IT Babul Hikmah Kalianda . Peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi untuk pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian ini. Teknik analalis data yang digunakan yaitu analisis interaktif yang meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi di SMA IT Babul Hikmah Kalianda Lampung Selatan mengenai Komunkasi Interpersonal berjalan dengan efektif. Ditinjau dari perspektif Respect kepala sekolah menerapkan prinsip-prinsip yang dijelaskan dalam al-qur’an surat 2;25, sikap Empathy yang ditunjukkan sesuai dengan QS. 3:159, Audible, Clarity, dan Humble sejalan dengan prinsip efektifitas yang dijelaskan oleh Covey.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 12 Jul 2018 07:02 |
Last Modified: | 12 Jul 2018 07:02 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3966 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |