PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH AMRUL HUDA KECAMATAN PALAS KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Sukmana, Ahmad (2018) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH AMRUL HUDA KECAMATAN PALAS KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (67MB) | Preview

Abstract

Madrasah adalah tempat para peserta didik untuk belajar menuntut ilmu. Secara halnya dengan sekolah-sekolah lain madrasah juga merupakan pendidikan formal. Yang menggunakan pemahaman keagamaan dalam hal ini adalah islam. Kepala madrasah merupakan jabatan tertinggi di madrasah. Ia berperan sebagai pemimpin madrasah dan dlam struktur organasasi madrasah yang kedudukannya paling atas. Dengan demikian kepala madrasah sangat berperan dalam meningkatkan kinerja guru. Kinerja guru adalah hasil kerja guru yang dapat dicapai oleh seorang guru di lembaga pendidikan atau madrasah sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya. Peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru sudah baik dan berperan besar terhadap kemajuan dan kualitas madrasah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru”. Kemudian tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran kepala madrasah yang dilaksanakan oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Amrul Huda dan dapat untuk mengetahui kinerja guru dalam melaksanakan tugasnya. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif, kemudian menggunakan metode angket dan interview sebagai data pokok, metode observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian ditelaah dan dianalisis dengan cara reduction, data display dan conclusiondrawing atau verification, adapun dapat menarik kesimpulan penulis menggunakan metode berfikir induktif. Dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru secara keseluruhan sudah berjalan dengan cukup baik, kepala madrasah membantu guru dalam merumuskan perbaikan program pengajaran, mengadakan pelatihan, seminar guru untuk meningkatkan kinerja guru, mengembankan suasana kerja sama secara efektif dan memberikan penghargaan dan pengakuan kepada guru, mengevaluasi dan membantu guru dalam pembuatan tes yang baik dengan tujuan untuk melihat sampai dimana hasil serta kemampuan murid dan untuk meningkatkan kinerja guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 06:59
Last Modified: 05 Jul 2018 06:59
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3866

Actions (login required)

View Item View Item