PENGARUH PERCEIVED ENJOYMENT,SERVICE QUALITY, DAN LIFE STYLE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DITINJAU DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Pelanggan Toko Kosmetik Top-Shop Bandar Lampung)

Khana, Septiyana (2025) PENGARUH PERCEIVED ENJOYMENT,SERVICE QUALITY, DAN LIFE STYLE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DITINJAU DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Pelanggan Toko Kosmetik Top-Shop Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI KHANA SEPTIYANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Perilaku konsumtif dapat mencakup pembelian barang mewah yang tidak diperlukan, atau kecenderungan untuk terlibat dalam aktivitas belanja yang berlebihan, yang dapat berdampak negatif pada keuangan dan kesejahteraan individu.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Perceived Enjoyment, Service Quality, Dan life style Terhadap Perilaku Konsumtif Ditinjau Dalam Perspektif Bisnis Islam(Studi Pada Pelanggan Toko Kosmetik Top Shop Bandar Lampung) Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif, adapun dalam pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner, dokumentasi dan observasi. Sampel yang digunakan sebanyak 96 responden yang berasal dari konsumen Topshop Bandar Lampung. Proses analisa menggunakan uji regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisa disimpulkan bahwa Perceived Enjoyment berpengaruh positif terhadap prilaku konsumtif konsumen TopShop. Service Quality tidak berpengaruh terhadap prilaku konsumtif konsumen TopShop. Sedangkan, variabel life style berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif konsumen TopShop.secara simultan perceived enjoyment,servis quality dan life style berpengaruh positif terhadap prilaku konsumtif. Dalam perspektif Ekonomi Islam, konsumsi harus didasarkan pada prinsip keseimbangan (wasatiyah) dan kebutuhan (hajat), bukan semata-mata dorongan nafsu atau pemborosan (israf). Konsumsi yang bertanggung jawab dilakukan untuk memenuhi kebutuhan yang halal dan bermanfaat, serta tidak melanggar batas syariat. Kata Kunci: Perceived Enjoyment, Service Quality, Dan life style Terhadap Perilaku Konsumtif. ABSTRACT Consumptive behavior can include unnecessary luxury purchases, excessive use of credit cards, or a tendency to engage in excessive shopping activities, which can have a negative impact on an individual's finances and well-being. This study aims to determine the effect of Perceived Enjoyment, Service Quality, and Lifestyle on Consumptive Behavior Reviewed in an Islamic Business Perspective (Study on Top-Shop Cosmetics Store Customers Bandar Lampung) The research method used in this study is cross-sectional with a quantitative approach, while data collection uses questionnaire instruments, documentation and observation. The sample used was 96 respondents from Topshop Bandar Lampung consumers. The analysis process uses multiple linear regression tests. Simultaneously perceived enjoyment, service quality and lifestyle have a positive effect on consumer behavior. In the perspective of Islamic Economics, consumption must be based on the principle of balance (wasatiyah) and needs (hajat), not merely the drive of lust or waste (israf). Responsible consumption is carried out to meet halal and beneficial needs, and does not violate the limits of sharia. Keyword: Perceived Enjoyment, Lifestyle on Consumer Behavior.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jun 2025 04:10
Last Modified: 12 Jun 2025 04:10
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/38613

Actions (login required)

View Item View Item