Zahra, Annisa (2025) PENGARUH STRATEGI RESOURCE BASED VIEW DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada Bigland Gallery Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (2MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Perusahaan dihadapkan pada tantangan untuk mencapai dan mempertahankan keunggulan dalam persaingan. Setiap perusahaan memiliki strategi berbeda untuk memajukan bisnisnya, pemenuhan kebutuhan konsumen, dan beradaptasi dengan lingkungan bisnis yang dinamis dan kompetitif. Persaingan membawa peluang dan ancaman, baik dari luar maupun dalam perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan perlu memahami pasar, keinginan konsumen, dan perubahan dalam lingkungan bisnis untuk tetap bersaing. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner secara online melalui google form. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan Bigland Gallery Bandar Lampung. Sampel sebanyak 20 orang, diambil dengan cara nonprobability sampling dengan teknik Sampling Jenuh. Analisis data diolah menggunakan SmartPLS versi 4. Hasil Penelitian ini Strategi Resource Based View berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keunggulan Bersaing, membuktikan bahwa Strategi Resource Based View yang baik akan meningkatkan pengaruhnya terhadap penguatan keunggulan bersaing. Orientasi Kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keunggulan Bersaing, membuktikan bahwa semakin tinggi Orientasi kewirausahaan yang dimiliki oleh suatu perusahaan, maka akan semakin berpengaruh pada peningkatan keunggulan bersaing yang dimiliki. Dalam perspektif Bisnis Syariah, Keunggulan Bersaing menerapkan prinsip-prinsip etika dan moral yang terkandung dalam ajaran Islam. Kata Kunci : Resource Based View, Orientasi Kewirausahaan, Keunggulan Bersaing. ABSTRACT Companies face challenges in achieving and maintaining a competitive advantage. Each company has a different strategy to advance its business, fulfill consumer needs, and adapt to the dynamic and competitive business environment. Competition brings both opportunities and threats, both from external and internal sources. Therefore, companies need to understand the market, consumer desires, and changes in the business environment in order to remain competitive. This research uses a quantitative approach. The data used are primary data collected through online questionnaires distributed via Google Forms. The population in this study is the employees of Bigland Gallery Bandar Lampung. A sample of 20 people was selected using nonprobability sampling with a Saturation Sampling technique. Data analysis was processed using SmartPLS version 4. The results of this study show that the Resource-Based View (RBV) strategy has a positive and significant impact on competitive advantage, proving that a good RBV strategy will enhance its impact on strengthening competitive advantage. Entrepreneurial orientation has a positive and significant effect on competitive advantage, demonstrating that the higher the entrepreneurial orientation of a company, the greater its impact on increasing the competitive advantage. From the perspective of Islamic Business, competitive advantage applies the ethical and moral principles found in Islamic teachings. Keywords : Resource Based View, Entrepreneurship Orientation, Competitive Advantage.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Bisnis Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 04:06 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 04:06 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/38611 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |