PENGARUH PERCEIVED RISK, ONLINE CONSUMER REVIEW DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN SHOPEE PAYLATER DI KAJI DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Pengguna Shopee Paylater di Bandar Lampung)

Tania, Maya Sari (2025) PENGARUH PERCEIVED RISK, ONLINE CONSUMER REVIEW DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN SHOPEE PAYLATER DI KAJI DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Pengguna Shopee Paylater di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT 1 2 TANIA.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI TANIA MAYA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mendeskripsikan tentang jumlah pengguna Shopee Paylater mengalami fluktuatif. Dalam fitur Shopee PayLater ini adalah syarat pengajuannya yang cukup rumit, yaitu dengan mempunyai akun shopee yang sudah terverifikasi minimal tiga bulan serta mempunyai E-KTP maka konsumen bisa mengaktifkan fitur Shopee PayLater tersebut, namun saat aktivasi pengajuan beberapa pengguna Shopee mengalami kegagalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel perceived risk, online consumer review dan kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan penggunaan Shopee Paylater di Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan secara kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dengan cara menyebarkan kuesioner secara online melalu google form kepada pengguna Shopee Paylater di Bandar Lampung. Populasi tidak diketahui dan sampel yang digunakan sebanyak 96 konsumen menggunakan rumus lemeshow. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis yang diolah menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perceived risk, online consumer review dan kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan penggunaan Shopee Paylater di Bandar Lampung secara parsial dan simultan. Dalam perspektif etika bisnis Islam, transaksi Shopee Paylater tetap dianggap dilarang dalam syariah karena tidak sesuai dengan prinsip dasar transaksi dalam etika bisnis syariah. Kata Kunci: Kepercayaan, Keputusan Penggunaan, Consumer Review, Perceived Risk. ABSTRACT This study describes the number of Shopee Paylater users fluctuating. In this Shopee PayLater feature, the application requirements are quite complicated, namely by having a shopee account that has been verified for at least three months and having an E-KTP, consumers can activate the Shopee PayLater feature, but when activating the application, several Shopee users failed. The purpose of this study was to determine whether the variables of perceived risk, online consumer reviews and trust influence the decision to use Shopee Paylater in Bandar Lampung. This study uses a quantitative approach method. The data used is primary data by distributing questionnaires online through Google Form to Shopee Paylater users in Bandar Lampung. The population is unknown and the sample used is 96 consumers using the lemeshow formula. The data analysis used is validity test, reliability test, classical assumption test and hypothesis test processed using SPSS version 20. The results of this study indicate that perceived risk, online consumer reviews and trust have an influence on the decision to use Shopee Paylater in Bandar Lampung partially and simultaneously. From the perspective of Islamic business ethics, Shopee Paylater transactions are still considered prohibited in sharia because they do not comply with the basic principles of transactions in sharia business ethics. Keywords: Trust, Decision to Use, Online Consumer Review, Perceived Risk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jun 2025 03:46
Last Modified: 04 Jun 2025 03:46
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/38555

Actions (login required)

View Item View Item