PENGARUH LOGO HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN SIAP SAJI 7-ELEVEN PADA MUSLIM BANGKOK DIMODERASI KEBUTUHAN PRIMER DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Kasus Pada Konsumen Makanan Siap Saji di Seven Eleven Bangkok Thailand)

HANA, ROLISA (2025) PENGARUH LOGO HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN SIAP SAJI 7-ELEVEN PADA MUSLIM BANGKOK DIMODERASI KEBUTUHAN PRIMER DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Kasus Pada Konsumen Makanan Siap Saji di Seven Eleven Bangkok Thailand). EDUVEST.

[thumbnail of ARTIKEL HANA ROLISA.pdf] PDF
Download (6MB)

Abstract

Abstrak Logo halal merupakan sebuah label sertifikasi berupa tulisan halal berbahasa arab guna penandaan halal atau tidaknya suatu produk sesuai syariat Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh logo halal terhadap keputusan pembelian makanan siap saji 7-Eleven pada muslim Bangkok dimoderasi kebutuhan primer dalam perspektif bisnis islam. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat muslim yang membeli dan mengonsumsi makanan siap saji di 7-Eleven, Bangkok Thailand dengan sampel sebanyak 100 orang, yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Instrumen penelitian dalam artikel ilmiah ini menggunakan kuesioner dan teknik analisis dengan Sem PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa logo halal memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian makanan siap saji berlogo halal pada masyarakat muslim di Bangkok. Kebutuhan primer memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian makanan siap saji berlogo halal pada masyarakat muslim di Bangkok. Kebutuhan primer dapat memoderasi namun memperlemah hubungan antara logo halal dan keputusan pembelian. Penelitian ini diharapkan mampu menambah wawasan masyarakat muslim Bangkok agar melakukan pembelian hanya pada produk halal demi meningkatkan penjualan produk halal dan memberikan efek peningkatan volume penjualan makanan siap saji berlogo halal di Bangkok, Thailand.

Item Type: Article
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jun 2025 03:15
Last Modified: 03 Jun 2025 03:58
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/38538

Actions (login required)

View Item View Item