PENGARUH MATERIALISME TERHADAP IMPULSE BUYING PRODUK FASHION DI SHOPEE LIVE DENGAN PRICE DISCOUNT SEBAGAI VARIABEL MODERASI DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada gen Z di Lampung)

MARFUATUL, KHOIRIAH (2025) PENGARUH MATERIALISME TERHADAP IMPULSE BUYING PRODUK FASHION DI SHOPEE LIVE DENGAN PRICE DISCOUNT SEBAGAI VARIABEL MODERASI DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada gen Z di Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPPSI-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPPSI-MARFUATUL-KHOIRIAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Materialisme yang tinggi pada diri seseorang, dapat menjadikan seseorang tersebut lebih mementingkan perolehan barang-barang material, serta mereka menganggap harta benda yang mereka peroleh dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kebahagiaan diri mereka sendiri dan mempercayai bahwa jumlah dan kualitas harta benda yang dimiliki dapat berfungsi sebagai ukuran dari kesuksesan diri mereka dan orang lain. Kemudian berdasarkan pra-survei ditemukan bahwa 82% responden menyesal setelah melakukan impulse buying produk fashion karena produk yang mereka beli tidak sesuai dengan fungsi yang diinginkan. Telah ditemukan inkonsistensi hasil pada penelitian terdahulu, maka peneliti merasa perlu untuk menambahkan variabel moderasi yaitu price discount. Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan metode survei. Jenis penelitiannya yaitu kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah generasi Z yang berdomisili di Lampung. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini ialah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini ialah generasi Z yang berdomisili di Lampung dan pernah melakukan pembelian produk fashion di Shopee Live minimal 3 kali dalam jangka waktu 2 tahun. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah metode survei yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dalam bentuk link google form dan disebar melalui sosial media. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa materialisme berpengaruh positif signifikan terhadap impulse buying produk fashion, sedangkan price discount tidak dapat memoderasi hubungan antara materialisme terhadap impulse buying produk fashion. Kemudian materialisme, impulse buying dan price discount dalam perspektif bisnis Islam tidak mengapa jika dilakukan namun dengan memperhatikan penerapannya dalam Islam. Kata kunci : Materialisme, Impulse Buying, Price Discount, Produk Fashion. ABSTRACT High materialism in a person can make that person prioritize the acquisition of material goods, and they consider the possessions they obtain to be a means to increase their own happiness and believe that the amount and quality of possessions they have can function as a measure of their success and that of others. Then based on the pre-survey, it was found that 82% of respondents regretted after making impulse purchases of fashion products because the products they bought did not match the desired function. Inconsistencies in the results have been found in previous studies, so researchers feel the need to add a moderating variable, namely price discount. This study uses a survey method approach. The type of research is quantitative. The population in this study is generation Z who live in Lampung. The sampling technique in this study is purposive sampling. The sample in this study is generation Z who live in Lampung and have purchased fashion products on Shopee Live at least 3 times within a period of 2 years. The number of samples in this study was 96 respondents. The data collection technique in this study is a survey method which is carried out by distributing questionnaires in the form of a google form link and distributed through social media. The results of the study showed that materialism has a significant positive effect on impulse buying of fashion products, while price discounts cannot moderate the relationship between materialism and impulse buying of fashion products. Then, materialism, impulse buying and price discounts from an Islamic business perspective are okay if done, but with attention to their application in Islam. Keywords : Materialism, Impulse Buying, Price Discount, Fashion Product.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jun 2025 04:10
Last Modified: 02 Jun 2025 04:10
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/38528

Actions (login required)

View Item View Item