Maya, Fitri Dewi (2025) PENGARUH INOVASI PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Rokez Roti Keset Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (4MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Perkembangan dunia usaha saat ini dalam pemasaran memegang peran yang sangat pokok dalam menopang perkembangan sebuah usaha. Dalam kegiatan bisnis usaha pada produk kue dan roti di Indonesia tampaknya terus mengalami tren positif setiap tahunnya. Usaha kue dan roti tergolong yang paling cepat berkembang karena dapat diproduksi dimana saja dan membutuhkan inovasi produk dan harga untuk menentukan daya beli konsumen. Pengetahuan akan kebutuhan dan keinginan konsumen roti akan menjadi arah dalam membuat produk roti memiliki nilai tinggi agar terus dibeli dan dicari, bahkan inovasi juga menjadi pertimbangan pelaku usaha roti untuk mengembangkan bisnisnya. Dengan adanya Tujuan utama dilakukan upaya peningkatan inovasi produk dan persepsi Harga oleh pemilik dan karyawan rokez roti keset bandar lampung tidak lain adalah untuk meningkatkan daya beli pelanggan. Tehnik pengambilan sampel yaitu menggunakan tehnik purposive sampling jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus lemeshow. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS 23. Uji analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji realibilitas, uji amsumsi klasik, dan hipotesis. Hasil penelitian yaitu (1) inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Rokez Roti Keset Bandar Lampung (2) persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Rokez Roti Keset Bandar Lampung. Dalam segi perspektif islam inovasi produk memiliki pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap produk yang diperjual belikan. Dimana inovasi produk memberikan kualitas produk tidak hanya variasi produk saja akan tetapi sangat kompleks. Dan harga yang sesuai dalam melakukan transaksi pembelian. Kata kunci : Inovasi Produk, Persepsi Harga, Keputusan Pembelian. ABSTRACT the development of the current business world in marketing plays a very important role in supporting the development of a business. In business activities in cake and bread products in Indonesia, it seems to continue to experience a positive trend every year. Cake and bread businesses are among the fastest growing because they can be produced anywhere and require product and price innovation to determine consumer purchasing power. Knowledge of the needs and desires of bread consumers will be the direction in making bread products have high value so that they continue to be purchased and sought after, even innovation is also a consideration for bread business actors to develop their business. With the main objective, efforts are made to increase product innovation and price perception by the owners and employees of Rokez Roti Keset Bandar Lampung, none other than to increase customer purchasing power. The sampling technique uses a purposive sampling technique with a sample size of 100 respondents using the Lemeshow formula. The analysis method used is multiple linear regression analysis using the SPSS 23 application. The analysis tests used are validity tests, reliability tests, classical assumption tests, and hypotheses. The results of the study are (1) product innovation has a positive and significant effect on consumer purchasing decisions for Rokez Roti Keset Bandar Lampung (2) price perception has a positive and significant effect on consumer purchasing decisions for Rokez Roti Keset Bandar Lampung. In terms of Islamic perspective, product innovation has a positive effect on consumer purchasing decisions for products that are traded. Where product innovation provides product quality, not only product variations but also very complex. And the right price in making purchase transactions. Keywords: Product Innovation, Price Perception, Purchasing Decisions.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Bisnis Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 03:51 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 03:51 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/38526 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |