PENGARUH FLOW EXPERIENCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN EXCLUSIVE BRAND DENGAN LOVE OF MONEY SEBAGAI VARIABEL MODERASI DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Konsumen Brand Adidas Pada Aplikasi Shopee Di Bandar Lampung)

VITA, ISNIAWATI (2025) PENGARUH FLOW EXPERIENCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN EXCLUSIVE BRAND DENGAN LOVE OF MONEY SEBAGAI VARIABEL MODERASI DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Konsumen Brand Adidas Pada Aplikasi Shopee Di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI Cover, BAB I - V, DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI VITA ISNIAWATI Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu trend fashion saat ini adalah athleisure, yaitu perpaduan antara pakaian olahraga dengan pakaian kasual. Adidas terbukti dapat menggabungkan antara kenyamanan dalam berolahraga namun tetap terlihat stylish. Adidas terus memperkuat kehadirannya melalui e-commerce. Dengan adanya e-commerce dapat membuat konsumen cenderung mencari informasi dan melakukan pembelian pada situs e-commerce, seperti shopee. Flow experience dalam berbelanja daring adalah sebuah kemudahan dalam menggunakan web, tantangan, dan persepsi kegunaan. Keputusan pembelian dapat muncul ketika konsumen terus melakukan pencarian atas apa yang ingin dibelinya. Keputusan pembelian tidak hanya dapat dipengaruhi oleh pengalaman aliran namun juga oleh faktor lain seperti love of money. Teori love of money menilai seberapa jauh kecintaan seseorang terhadap uang yang nantinya akan membentuk pengaruh pada keputusan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah flow experience berpengaruh terhadap keputusan pembelian exclusive brand, apakah love of money memoderasi hubungan flow experience dan keputusan pembelian, dan bagaimana flow experience, keputusan pembelian dan love of money dalam perspektif bisnis islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dilakukan pada pengguna brand Adidas pada aplikasi shopee. Sampel penelitian ini adalah 97 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling. Metode analisis menggunakan SEM (Structural equation modeling) dengan menggunakan Partial Least Square (PLS) dan pengolahan data menggunakan software SmartPLS 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis didukung, yaitu semakin tinggi seseorang melakukan flow experience (X) maka semakin tinggi terjadinya keputusan pembelian (Y). Love of money memoderasi hubungan antara flow experience dan keputusan pembelian yang artinya semakin tinggi love of money maka akan cenderung berhati-hati dalam melakukan pembelian. Kata kunci : flow experience, keputusan pembelian dan love of money. ABSTRACT One of the current fashion trends is athleisure, which is a combination of sportswear and casual wear. Adidas is proven to be able to combine comfort in exercising while still looking stylish. With the existence of e-commerce, consumers are more likely to look for information and make purchases on e-commerce sites, such as Shopee. Flow experience in online shopping is the ease of using the web, challenges, and perception of usability. Purchase decisions can arise when consumers continue to search for what they want to buy. Purchase decisions can be influenced not only by the flow experience but also by other factors such as love of money. The love of money theory assesses how far a person's love for money will later form an influence on decisions. The formulation of the problem in this study is whether flow experience affects the purchase decision of exclusive brands, whether love of money moderates the relationship between flow experience and purchase decision, and how flow experience, purchase decision and love of money in the perspective of Islamic business. This research uses a quantitative approach by being conducted on Adidas brand users on the Shopee application. The sample of this study is 97 respondents. Sampling was done using non probability sampling techniques. The analysis method uses SEM (Structural equation modeling) using Partial Least Square (PLS) and data processing using SmartPLS 4 software. The results of this study show that the hypothesis is supported, that is, the higher a person performs the flow experience (X), the higher the occurrence of purchase decisions (Y). Love of money does moderate the relationship between flow experience and purchase decisions, which means that the higher the love of money, the more cautious they will be in making purchases. Keywords: flow experience, purchase decisions and love of money.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 May 2025 04:28
Last Modified: 28 May 2025 04:28
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/38491

Actions (login required)

View Item View Item