ABEL, LIANA (2025) PENGARUH VISUAL MERCHANDISING DAN DISPLAY PRODUK TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA STORE LADY SHOP SIMPANG PEMATANG DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (STUDI PADA MASYARAKAT DESA SIMPANG PEMATANG). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (4MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Tren perkembangan bisnis di Indonesia saat ini semakin meningkat pesat. Seperti munculnya Store Lady Shop Simpang Pematang yang memiliki beragam pilihan produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Meskipun tidak ada toko yang sejenis, namun banyak toko-toko lain yang menjual produk sejenis, sehingga menciptakan persaingan yang ketat dan cenderung dapat membuat konsumen beralih ke toko lain. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah Visual Merchandising dan Display Produk melalui Positive Emotion berpengaruh terhadap Impulse Buying. Sehingga dengan begitu dapat menerapkan strategi pemasaran yang lebih efektif agar dapat memenangkan persaingan yang ada. Adapun strategi yang dapat diandalkan yaitu dengan menciptakan Visual Merchandising dengan melibatkan penggunaan elemen desain, tata letak dan Display Produk untuk menarik perhatian konsumen dan menciptakan pengalaman berbelanja yang menyenangkan. Dengan begitu dapat menciptakan suasana yang positif, yang dapat mendorong konsumen membeli produk secara spontan tanpa perencanaan sebelumnya atau disebut dengan Impulse Buying. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui kuesioner dengan menerapkan skala likert. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini ialah masyarakat desa Simpang Pematang dengan kriteria pernah belanja di Store Lady Shop Simpang Pematang dengan sample sebanyak 84 responden. Adapun alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan aplikasi SmartPls4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Visual Merchandising dan Display Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Visual Merchandising dan Display Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Positive Emotion. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Positive Emotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying. Serta menyatakan juga bahwa Positive Emotion tidak memediasi antara Visual Merchandising dan Display Produk terhadap Impulse Buying pada Store Lady Shop Simpang Pematang. Kata Kunci: Visual Merchandising, Display Produk, Impulse Buying, Positive Emotion. ABSTRAK The trend of business development in Indonesia is currently increasing rapidly. Such as the emergence of the Simpang Pematang Lady Shop Store which has a variety of product choices to meet consumer needs. Although there are no similar stores, there are many other stores that sell similar products, creating tight competition and tending to make consumers switch to other stores. Therefore, this study was conducted with the aim of determining whether Visual Merchandising and Product Display through Positive Emotion have an effect on Impulse Buying. So that it can implement a more effective marketing strategy in order to win the existing competition. The strategy that can be relied on is to create Visual Merchandising by involving the use of design elements, layout and Product Display to attract consumer attention and create a pleasant shopping experience. That way it can create a positive atmosphere, which can encourage consumers to buy products spontaneously without prior planning or called Impulse Buying. This study uses a quantitative approach. The data collection technique in this study is through a questionnaire using a Likert scale. The population used in this study is the Simpang Pematang village community with the criteria of having shopped at the Simpang Pematang Lady Shop Store with a sample of 84 respondents. The analysis tool used in this study is the SmartPls4 application. he results of the study indicate that Visual Merchandising and Product Display have a positive and significant effect on Impulse Buying. The results of the study also indicate that Visual Merchandising and Product Display have a positive and significant effect on Positive Emotion. In addition, the results of the study also indicate that Positive Emotion has a positive and significant effect on Impulse Buying. And also states that Positive Emotion does not mediate between Visual Merchandising and Product Display on Impulse Buying at the Lady Shop Simpang Pematang Store. Keyword: Visual Merchandising, Display Product, Impulse Buying, Positive Emotion.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Bisnis Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 28 May 2025 03:53 |
Last Modified: | 28 May 2025 03:53 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/38484 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |