Ikhsan, Dwi Pangestu (2025) PENGARUH BANDWAGON EFFECT, MODERNITAS INDIVIDU, DAN KONFORMITAS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (Studi Pada Karyawan Swasta di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (4MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Perilaku konsumtif merupakan tindakan konsumen untuk membeli, mengkonsumsi dan menggunakan barang atau jasa secara tidak rasional (boros). Perilaku konsumtif merupakan perilaku mengkonsumsi barang dan jasa yang mahal dengan intensitas yang terus meningkat demi mendapatkan sesuatu yang lebih baru, lebih bagus dan lebih banyak serta melebihi kebutuhan yang sebenarnya untuk menunjukkan status sosial, prestige, kekayaan dan keistimewaan, juga untuk mendapatkan kepuasan akan kepemilikan. Berdasarkan pokok permasalahan dan penelitian terdahulu yang telah diuraikan, penulis tertarik mengkaji lebih dalam suatu penelitian yang berjudul “Pengaruh Bandwagon Effect, Modernitas Individu, dan Konformitas Terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Pada Karyawan Swasta di Kota Bandar Lampung).” Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini dibulatkan menjadi 96 orang responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu teknik penyebaran angket. Teknik analisa dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian mengemukakan bahwa Bandwagon effect, Modernitas Individu, dan Konformitas berpengaruh terhadap Perilaku Konsumtif para karyawan swasta di Kota Bandar Lampung. Artinya semakin tinggi bandwagon effect, modernitas individu, dan konformitas para karyawan swasta di Kota Bandar Lampung, maka akan semakin meningkatkan perilaku konsumtifnya. Begitu juga sebaliknya, semakin rendah bandwagon effect, modernitas individu, dan konformitas para karyawan swasta di Kota Bandar Lampung, maka akan semakin rendah pula perilaku konsumtifnya. Perspektif ekonomi Islam terhadap perilaku konsumtif pada karyawan swasta di Kota Bandar Lampung yaitu Islam mengajurkan manusia menggunakan harta sesuai dengan kebutuhan yang ada, serta dilakukan dengan cara yang bijaksana sebagaimana yang tercantum dalam Surat Al-Isra' ayat 26. Manusia pada dasarnya memiliki kecenderungan untuk berperilaku konsumtif, namun tidak semua dapat mengarahkannya dengan benar, yaitu mengelola pengeluaran harta mereka sesuai dengan prinsip prinsip agama, yaitu tidak berlebihan dalam membelanjakan hartanya. Kata kunci : Bandwagon Effect, Modernitas Individu, Konformitas, Perilaku Konsumtif. ABSTRACT Consumer behavior is a consumer's action to buy, consume and use goods or services irrationally (wastefully). Consumptive behavior is the behavior of consuming expensive goods and services with increasing intensity in order to get something newer, better and more and exceeding actual needs to show social status, prestige, wealth and privilege, and also to get satisfaction from ownership. Based on the main problems and previous studies that have been described, the author is interested in studying more deeply a study entitled "The Influence of Bandwagon Effect, Individual Modernity, and Conformity on Consumptive Behavior (Study on Private Employees in Bandar Lampung City)." This research is included in field research. The research approach is quantitative research. The number of samples in this study was rounded up to 96 respondents. The data collection technique in the study was the questionnaire distribution technique. The analysis technique used multiple linear regression analysis. The results of the study stated that the Bandwagon effect, Individual Modernity, and Conformity influenced the Consumptive Behavior of private employees in Bandar Lampung City. This means that the higher the bandwagon effect, individual modernity, and conformity of private employees in Bandar Lampung City, the higher their consumer behavior will be. Likewise, the lower the bandwagon effect, individual modernity, and conformity of private employees in Bandar Lampung City, the lower their consumer behavior will be. The perspective of Islamic economics on consumer behavior in private employees in Bandar Lampung City is that Islam encourages humans to use their wealth according to existing needs, and to do it wisely as stated in Surah Al-Isra' verse 26. Humans basically have a tendency to behave consumptively, but not all can direct it correctly, namely managing their expenditure of wealth according to religious principles, namely not being excessive in spending their wealth. Keywords: Bandwagon Effect, Individual Modernity, Conformity, Consumer Behavior.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Bisnis Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 19 May 2025 06:31 |
Last Modified: | 19 May 2025 06:31 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/38351 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |