LIDYA, AZIZAH (2025) PENGARUH TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DAN ANALITIK DATA DALAM MENINGKATKAN TARGET PEMASARAN DENGAN PERSONALISASI PESAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DITINJAU DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada UMKM di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (5MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Perkembangan teknologi AI dan analitik data telah memberikan dampak yang signifikan bagi pelaku UMKM dalam kerangka bisnis syariah di Kota Bandar Lampung. Aktivitas pemasaran kini memanfaatkan berbagai media digital mulai dari blog, situs web, email, hingga jejaring sosial untuk mendukung upaya branding dan promosi produk-produk yang sesuai dengan prinsip syariah. Dengan memanfaatkan teknologi AI dan analitik data, UMKM dapat melakukan segmentasi pasar secara lebih mendalam dan menyusun pesan yang dipersonalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Analitik Data dalam Meningkatkan Target Pemasaran Dengan Personalisasi Pesan Sebagai Variabel Intervening pada UMKM di Kota Bandar Lampung serta melihat bagaimana Teknologi Artificial Intelligence (AI), Analitik Data, Target Pemasaran dan Personalisasi Pesan dalam perspektif bisnis islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data dilakukan melalui survei dengan sebuah kuisioner berbentuk google form. Populasi pada penelitian ini adalah UMKM yang menggunakan teknologi AI dan berdomisili di Kota Bandar Lampung. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 100 responden dengan menggunakan metode pengambilan sampel adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling, dan menggunakan alat analisis SEM (structural equation modeling) dengan menggunakan Partial Least Square (PLS) dan hasil olah data yang didapatkan menggunakan smartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Analitik Data berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan Target Pemasaran. Variabel Personalisasi Pesan menjadi mediasi pengaruh Teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Analitik Data dalam meningkatkan Target Pemasaran. Kata Kunci: Teknologi Artificial Intelligence (AI), Analitik Data, Target Pemasaran dan Personalisasi Pesan. ABSTRACT The development of AI technology and data analytics has had a significant impact on MSMEs in the framework of sharia business in Bandar Lampung City. Marketing activities now utilize various digital media ranging from blogs, websites, emails, to social networks to support branding and promotion efforts for products that are in accordance with sharia principles. By utilizing AI technology and data analytics, MSMEs can segment the market more deeply and create personalized messages. This study aims to examine the effect of Artificial Intelligence (AI) Technology and Data Analytics in Improving Marketing Targets with Message Personalisation as an Intervening Variable in MSMEs in Bandar Lampung City and see how Artificial Intelligence (AI) Technology, Data Analytics, Marketing Targets and Message Personalisation in an Islamic business perspective. This research uses a quantitative approach, data collection is done through a survey with a questionnaire in the form of a google form. The population in this study are MSMEs that use AI technology and are domiciled in Bandar Lampung City. The sample of this study was 100 respondents using the sampling method is non-probability sampling with purposive sampling technique, and using SEM (structural equation modeling) analysis tools using Partial Least Square (PLS) and data processing results obtained using smartPLS. The results showed that the variables of Artificial Intelligence (AI) Technology and Data Analytics had a positive and significant effect on increasing Target Marketing. The Message Personalisation variable mediates the influence of Artificial Intelligence (AI) Technology and Data Analytics in increasing Target Marketing. Key Words: Artificial Intelligence (AI) Technology, Data Analytics, Target Marketing and Message Personalization.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Bisnis Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 08 May 2025 07:03 |
Last Modified: | 08 May 2025 07:03 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/38289 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |