PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP PERTUMBUHAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada UMKM Kecamatan Pesisir TengahKabupaten Pesisir Barat)

HIDAYATI, SHOLIHA JAMIL (2025) PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP PERTUMBUHAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada UMKM Kecamatan Pesisir TengahKabupaten Pesisir Barat). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI HIDAYATI SHOLIHA JAMIL 1,2,5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI HIDAYATI SHOLIHA JAMIL 1-5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pertumbuhan UMKM yang semakin meningkat, bukan berarti tidak memiliki masalah, banyak UMKM yang tidak mampu bertahan dan akhirnya gulung tikar. Persaingan pasar yang semakin pesat menjadikan pelaku UMKM harus technology savvy agar mampu bersaing dan survive, salah satunya dengan penggunaan digital marketing. Pemerintah daerah menjadi salah satu pilar dalam pemberdayaan UMKM. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah digital marketing dan kebijakan pemerintah daerah berpengaruh terhadap pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Populasi yang dalam penelitian ini adalah UMKM kuliner di Kec. Pesisir Tengah Kab. Pesisir Barat dengan jumlah sampel 100 responden. Dalam menentukan sampel, penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisoner dengan skala likert, analisis dan uji statistik dalam penenlitian ini menggunakan alat bantu program Smart PLS 4.0. Hasil uji statistik menunjukan bahwa pengujian digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan UMKM. kebijakan pemerintah daerah berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan UMKM. Dalam Perpektif Ekonomi Islam ditemukan pelaku UMKM sebagaian besar sudah menerapkan prinsip-prinsip ekonomi Islam yaitu kesatuan/tauhid, keadilan, keseimbangan, kebebasan, dan khilafah. Namun pada penelitian ini ditemukan bahwa kebijakan pemerintah daerah dalam menerapkan prinsip keadilan, prinsip keseimbangan dan prinsip khilafah, masih belum dilaksanakan secara maksimal karena masih kurangnya pemerataan dalam memberikan bantuan sarana dan prasarana. Dari hasil penelitian terhadap kehalalan produk UMKM, ditemukan bahwa masih banyak UMKM yang belum memiliki sertifikasi halal. Kata Kunci: Digital Marketing, Kebijakan Pemerintah Daerah, Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah. ABSTRACT The growth of MSMEs, which is increasing, does not mean that it does not have problems, many MSMEs are unable to survive and eventually go out of business. Rapid market competition makes MSME players must be technology savvy in order to compete and survive, one of which is the use of digital marketing. Local government is one of the pillars in empowering MSMEs. The purpose of this study is to determine whether digital marketing and local government policies affect the growth of Micro, Small and Medium Enterprises. The population in this study were culinary Micro, Small and Medium Enterprises in Pesisir Tengah District, West Pesisir Regency with a sample size of 100 respondents. In determining the sample, this study used a non-probability sampling technique with a purposive sampling method. The data collection technique used a questionnaire with a Likert scale, statistical analysis and tests in this research using the SmartPls 4.0 program tool. The statistical test results show that digital marketing testing has a positive and significant effect on the growth of MSMEs. local government policies have a positive and significant effect on the growth of MSMEs. In the Islamic Economic Perspective, it was found that most MSME actors have applied the principles of Islamic economics, namely unity/tauhid, justice, balance, freedom, and khilafah. However, in this study it was found that local government policies in implementing the principles of justice, the principle of balance and the principle of khilafah, were still not implemented optimally because there was still a lack of equity in providing facilities and infrastructure assistance. From the results of research on the halalness of MSME products, it was found that there are still many MSMEs that do not have halal certification. Keywords: Digital Marketing, Local Government Policies and The Growth Of Micro, Small And Medium Enterprises.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Apr 2025 04:21
Last Modified: 28 Apr 2025 04:21
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/38164

Actions (login required)

View Item View Item