PENGARUH KUALITAS MAKANAN DAN PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI MEDIATOR DI RUMAH MAKAN BEBEK BELVR DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada Konsumen Bebek Belvr Cabang Pagar Alam Kota Bandar Lampung)

MERLIASIH, SHOLEHA (2025) PENGARUH KUALITAS MAKANAN DAN PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI MEDIATOR DI RUMAH MAKAN BEBEK BELVR DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada Konsumen Bebek Belvr Cabang Pagar Alam Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB I DAN V.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK MERLIASIH SHOLEHA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan usaha kuliner khususnya di Bandar Lampung, suatu rumah makan harus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik agar tetap bersaing, sesuai dengan prinsip persaingan yang adil dalam ajaran Islam. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas makanan, kualitas pelayanan, dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen di Rumah Makan Bebek Belvr Cabang Pagar Alam serta mendeskripsikannya dalam perspektif bisnis syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional untuk mengetahui hubungan antara variabel variabel yang ada. Sampel penelitian menggunakan purposive sampling dengan jumlah 100 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert dan diuji validitas serta reliabilitasnya. Sebelum analisis data, dilakukan uji prasyarat seperti uji normalitas, heteroskedastisitas, dan multikolinearitas. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t, uji koefisien determinasi, serta uji Sobel. Berdasarkan hasil penelitian, kualitas makanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai signifikansi 0,000 dan berpengaruh sebesar 66,4%. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai signifikansi 0,000 dan berpengaruh sebesar 80,3%. Kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai signifikansi 0,000 dan berpengaruh sebesar 74,6%. Kualitas makanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikansi 0,000 dan berpengaruh sebesar 67,2%. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikansi 0,000 dan berpengaruh sebesar 77,7%. Kepuasan konsumen memediasi pengaruh kualitas makanan terhadap loyalitas konsumen dengan pengaruh yang signifikan t-hitung 6,39 lebih besar dari t-tabel (1,96). Kepuasan konsumen juga memediasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen dengan pengaruh yang signifikan t-hitung 3,64 lebih besar dari t-tabel (1,96). Kata kunci: Kepuasan Konsumen, Kualitas makanan, Kualitas pelayanan, Loyalitas konsumen. ABSTRACT The development of the culinary business, especially in Bandar Lampung, requires restaurants to continuously innovate and provide the best service to stay competitive, in line with the principle of fair competition in Islamic teachings. This study aims to determine the influence of food quality, service quality, and customer satisfaction on customer loyalty at Bebek Belvr Restaurant, Pagar Alam branch, and describe it from a Sharia business perspective. This research employs a quantitative approach with a correlational design to examine the relationships between variables. The sample is selected using purposive sampling, involving 100 respondents. Data collection is conducted through questionnaires using a Likert scale, and validity and reliability tests are performed. Before data analysis, prerequisite tests such as normality, heteroscedasticity, and multicollinearity tests are conducted. Hypothesis testing includes t-tests, determination coefficient tests, and Sobel tests. The study results indicate that food quality positively and significantly affects customer loyalty, with a significance value of 0.000 and an influence of 66.4%. Service quality positively and significantly affects customer loyalty, with a significance value of 0.000 and an influence of 80.3%. Customer satisfaction positively and significantly affects customer loyalty, with a significance value of 0.000 and an influence of 74.6%. Food quality positively and significantly affects customer satisfaction, with a significance value of 0.000 and an influence of 67.2%. Service quality positively and significantly affects customer satisfaction, with a significance value of 0.000 and an influence of 77.7%. Customer satisfaction mediates the influence of food quality on customer loyalty, with a significant effect, where the t-count (6.39) is greater than the t-table (1.96). Customer satisfaction also mediates the influence of service quality on customer loyalty, with a significant effect, where the t-count (3.64) is greater than the t-table (1.96). Keywords: Consumer Satisfaction, Food Quality, Service Quality, Customer Loyalty.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Apr 2025 04:04
Last Modified: 16 Apr 2025 04:04
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/38069

Actions (login required)

View Item View Item