Kharisma, Fitri Julyani (2025) PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, RELIGIUSITAS DAN PEMASARAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH PRODUK PEMBIAYAAN MIKRO DI BANK WAKAF MIKRO (Studi Kasus Pada Bank Wakaf Mikro Pondok Pesantren Muhammadiyah Sabilil Muttaqien Gisting Tanggamus). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (5MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Literasi keuangan adalah cara berfikir seseorang tentang kondisi keuangan yang dapat mempengaruhi seseorang untuk mengambil keputusan untuk mengelola keuangan menjadi lebih baik lagi. Untuk mendukung tumbuhnya literasi keuangan syariah diperlukan adanya pemahaman dan kesadaran masyarakat melalui literasi dan pemasaran yang dilakukan pihak Bank Wakaf Mikro tentang keuangan secara syariah. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi, religiusitas dan pemasaran terhadap pengambilan keputusan nasabah melakukan produk pembiayaan mikro di Bank Wakaf Mikro. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research), pendekatan dalam penelitian ini secara kuantitatif. Tempat pelaksanaan penelitian ini di Bank Wakaf Mikro Pondok Pesantren Muhammadiyah Sabilil Muttaqien. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, populasi dalam penelitian ini berjumlah 288 orang, sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang, metode pengumpulan data meliputi observasi, kuesioner, dan dokumentasi dan dianalisis dengan SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa literasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan nasabah melakukan produk pembiayaan mikro. Religiusitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan nasabah melakukan produk pembiayaan mikro. Pemasaran memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan nasabah melakukan produk pembiayaan mikro. literasi, religiusitas, dan pemasaran secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengambilan keputusan nasabah melakukan produk pembiayaan mikro. Kata Kunci: Literasi, Religiusitas, Pemasaran dan Pengambilan keputusan nasabah. ABSRTACT Financial literacy is a person's way of thinking about financial conditions that can influence a person to make decisions to manage finances better. To support the growth of sharia financial literacy, there is a need for public understanding and awareness through literacy and marketing carried out by the Micro Waqf Bank regarding sharia finance. Apart from that, this research aims to determine the influence of literacy, religiosity and marketing on customers' decision making to use micro financing products at the Micro Waqf Bank. This type of research uses field research, the approach in this research is quantitative. The place for this research was carried out at the Muhammadiyah Sabilil Muttaqien Islamic Boarding School Micro Waqf Bank. The data sources used are primary data and secondary data, the population in this study was 288 people, the sample in this study was 100 people, data collection methods included observation, questionnaires and documentation and were analyzed using SPSS 25. Based on the research results, it is stated that literacy has a positive and significant influence on customers' decision making regarding microfinance products. Religiosity has a positive and significant influence on customers' decision making to use microfinance products. Marketing has a positive and significant influence on customers' decision making regarding microfinance products. Literacy, religiosity, and marketing together have a significant influence on customers' decision making to use microfinance products. Keywords: Literacy, Religiosity, Marketing and Customer Decision Making.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 02:15 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 02:15 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/37892 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |