PENGARUH GAMIFIKASI TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DAN CUSTOMER ENGAGEMENT PADA APLIKASI SHOPEE DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Mahasiswa FEBI Angkatan 2021 Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)

Sazkia, Putri Salsabila (2025) PENGARUH GAMIFIKASI TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DAN CUSTOMER ENGAGEMENT PADA APLIKASI SHOPEE DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Mahasiswa FEBI Angkatan 2021 Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI SAZKIA PUTRI SALSABILA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Bisnis online atau lebih dikenal dengan e-commerce saat ini telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bagi Masyarakat seluruh dunia, terlebih di Indonesia. Dari banyaknya jumlah e-commerce yang ada, menurut data Iprice setidaknya terdapat lima e-commerce yang menempati peringkat teratas diantaranya yaitu Lazada, Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan Blibli. Shopee merupakan marketplace yang menduduki urutan pertama dalam kategori pengunjung terbanyak pada tahun 2023. Strategi lain yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan daya saingnya adalah membangun sistem yang menarik dengan menghadirkan konsep gamifikasi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian secara kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan sumber data primer yang dilakukan dengan menyebarkan kuisioner. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 316 mahasiswa yang menggunakan fitur gamifikasi shopee. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini yaitu, Fitur Gamifikasi Shopee berpengaruh positif terhadap Customer Loyalty. Dengan diterapkannya gamifikasi maka akan berdampak pada meningkatnya customer loyalty. Fitur Gamifikasi Shopee berpengaruh positif terhadap Customer Engagement. Strategi gamifikasi yang diterapkan memberikan implikasi terhadap perubahan pola perilaku tertentu yang dilakukan konsumen yaitu memperpanjang time spent dan engagement pada aplikasi e-commerce. Gamifikasi dalam bisnis Islam, harus sesuai dengan prinsip-prinsip syariat Islam, yang menekankan kejelasan, transparansi, dan keadilan dalam transaksi dan tanpa penipuan, menghindari ketidakpastian (gharar) dan pemberian koin atau reward juga harus adil dan proporsional dengan usaha pengguna, sesuai dengan prinsip keadilan Kata Kunci : Gamifikasi, Loyalitas Konsumen, Keterikatan Konsumen. ABSTRACT Online business, or more commonly known as e-commerce, has become an integral part of daily life for people around the world, especially in Indonesia. Among the many e-commerce platforms available, according to data from Iprice, there are five e-commerce platforms that occupy the top ranks, including Lazada, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, and Blibli. Shopee is the marketplace that ranked first in terms of the highest number of visitors in 2023. Another strategy implemented by the company to increase its competitiveness is by building an engaging system through the concept of gamification. This research uses a quantitative research approach. The data collection tool used in this study is a primary data source obtained by distributing questionnaires. The sample size in this study consists of 316 students who use Shopee's gamification features. The data analysis technique in this research uses simple regression analysis. The conclusion of this study is that Shopee's gamification features have a positive effect on Customer Loyalty. The implementation of gamification leads to an increase in customer loyalty. Shopee's gamification features also have a positive effect on Customer Engagement. The gamification strategy applied has implications for changes in certain behavioral patterns carried out by consumers, such as increasing time spent and engagement on the e-commerce application. Gamification in Islamic business must comply with the principles of Islamic law, which emphasize clarity, transparency, and fairness in transactions, without deceit, avoiding uncertainty (gharar). The giving of coins or rewards must also be fair and proportional to the user's effort, in accordance with the principle of justice. Keywords : Gamification, Customer Loyalty, Customer Engagement.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Mar 2025 03:47
Last Modified: 12 Mar 2025 03:47
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/37828

Actions (login required)

View Item View Item