PENGARUH BRAND IMAGE, WORD OF MOUTH DAN PROMOSI TERHADAP MINAT CALON ANGGOTA PADA BMT FAJAR CABANG BANDAR LAMPUNG

Muhammad, Naufal bayhaqi (2025) PENGARUH BRAND IMAGE, WORD OF MOUTH DAN PROMOSI TERHADAP MINAT CALON ANGGOTA PADA BMT FAJAR CABANG BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1,2& dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi M. Naufal.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Minat menabung bisa dipengaruhi oleh brand image, word of mouth dan promosi di kalangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan apakah brand image, word of mouth dan promosi berpengaruh terhadap minat calon anggota menabung pada BMT Fajar Bandar Lampung. Metode yang digunakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan data kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah model regresi linear berganda. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dan pengujian data menggunakan uji validitas, uji reliabiltas, uji asumsi klasik dengan tingkat signifikasi 5%, uji multikolinearitas, uji regresi linear berganda, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian dalam Uji (t) brand image memiliki signifikasi sebesar 0,459. Hal ini berarti thitung -0.744 dan taraf signifikasi sebesar 0,459 (0,459 > 0,05). Variabel word of mouth memiliki thitung sebesar 4.549 dengan signifikasi sebesar 0,00. Variabel promosi memiliki thitung sebesar 1.665 dengan signifikasi sebesar 0,99. Berdasarkan hasil uji simultan (Uji F) menunjukan nilai signifikasi 0,00 < 0,05 dan nilai Fhitung10.762. Kesimpulan dari penelitian ini, variabel brand image berpengaruh negative terhadap minat, hal ini dikarenakan jumlah BMT Fajar yang ada di Bandar Lampung masih sedikit dan lokasi BMT Fajar yang ada kurang strategis, Variabel word of mouth berpengaruh terhadap minat, hal ini dikarenakan semakin postif informasi yang beredar semakin tinggi juga word of mouth memengaruhi naiknya minat masyarakat. Variabel promosi tidak berpengaruh terhadap minat, hal ini dapat terjadi karena kurangnya strategi promosi yang efektif pada media sosial dan digital marketing pada BMT Fajar. Kata Kunci: Brand Image, Word Of Mouth, Promosi Dan Minat. ABSTRACT Interest in saving can be influenced by brand image, word of mouth and promotion among the community This study aims to determine and explain whether brand image, word of mouth and promotion affect the interest of prospective members to save at BMT Fajar Bandar Lampung. The method used is quantitative research, using questionnaire data. The data analysis method used is multiple linear regression models. The sampling technique used purposive sampling technique and data testing using validity test, reliability test, classical assumption test with a significance level of 5%, multicollinearity test, multiple linear regression test, t test, f test, and determination coefficient test. The results of the research in the test (t) brand image has a significance of 0.459. This means that the tcount is -0.744 and the significance level is 0.459 (0.459> 0.05). The word of mouth variable has a tcount of 4.549 with a significance of 0.00. The promotion variable has a tcount of 1,665 with a significance of 0.99. Based on the results of the simultaneous test (F test), the significance value is 0.00 <0.05 and the Fcount value is 10,762. The conclusion of this study, the brand image variable has a negative effect on interest, this is because the number of BMT Fajar in Bandar Lampung is still small and the location of BMT Fajar is less strategic, the word of mouth variable has an effect on interest, this is because the more positive the information circulating, the higher the word of mouth affects the increase in people's interest. Promotion variables have no effect on interest, this can occur due to the lack of an effective promotion strategy on social media and digital marketing at BMT Fajar. Keywords: Brand Image, Word Of Mouth, Promotion And Interest.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Mar 2025 06:38
Last Modified: 11 Mar 2025 06:38
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/37794

Actions (login required)

View Item View Item