PRAYOGA, NING TYAS (2025) PENGARUH REVIEW KONSUMEN ONLINE DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BODY LOTION MARINA MENURUT ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Santri Pondok Pesantren Nurul Huda Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (5MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Pesatnya pertumbuhan e-commerce membuat masyarakat terbiasa untuk melakukan pembelian secara online. Namun dalam transaksinya, konsumen tidak bisa melihat dan menyentuh produk secara langsung. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengalaman negatif yang dirasakan oleh konsumen ketika berbelanja melalui e commerce yaitu sering kali konsumen menerima barang yang tidak sesuai dengan iklannya, barang yang tidak sesuai estimasi pengiriman dan sampai dengan menerima barang yang rusak. Tujuan penelitian ini adalah mengatahui dan mengaalisis pengaruh review konsumen online dan persepsi risiko terhadap keputusan pembelian produk body lotion marina pada santri pondok pesantren Nurul Huda Lampung Selatan dan bagaimana etika bisnis islam mengenai review konsumen online, persepsi risiko dan keputusan pembelian. Teori yang relevan dengan penelitian ini yaitu Theory of Planned Behaviour (TPB). Penelitian ini merupakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu santri pondok pesantren nurul huda Lampung Selatan yang berjumlah 628 orang. Jumlah sampel sebanyak 87 responden yang ditentukan dengan rumus slovin dan teknik purposive sampling. Metode analisis data menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa review konsumen online berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk body lotion marina. Persepsi risiko tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk body lotion marina. Review konsumen online dan persepsi risiko berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian produk body lotion marina. Dalam etika bisnis Islam, memberikan ulasan secara online harus dengan kejujuran dan sesuai fakta serta dalam berbelanja online penting mempertimbangkan risiko yang akan terjadi setelah pembelian sehingga tidak ada yang merasa dirugikan. Kata Kunci: Review Konsumen Online, Persepsi Risiko, Keputusan Pembelian. ABSTRACT The rapid growth of e-commerce has made people accustomed to making purchases online. However, in their transactions, consumers cannot see and touch the product directly. This study was motivated by negative experiences felt by consumers when shopping through e-commerce, namely that consumers often receive goods that do not match the advertisements, goods that do not match the estimated delivery and even receive damaged goods. The purpose of this study was to determine and analyze the influence of online consumer reviews and risk perceptions on purchasing decisions for Marina body lotion products on students at the Nurul Huda Islamic Boarding School, South Lampung and how Islamic business ethics relate to online consumer reviews, risk perceptions and purchasing decisions. The theory relevant to this study is the Theory of Planned Behavior (TPB). This study is a quantitative method. The population of this study was 628 students at the Nurul Huda Islamic Boarding School in South Lampung.. The number of samples was 87 respondents determined by the Slovin formula and purposive sampling technique. The data analysis method used SPSS 25. The results showed that online consumer reviews had a positive and significant effect on purchasing decisions for Marina body lotion products. Risk perception did not affect purchasing decisions for Marina body lotion products. Online consumer reviews and risk perception have a positive and significant effect together on the purchase decision of marina body lotion products. In Islamic business ethics, providing online reviews must be honest and in accordance with the facts and in online shopping it is important to consider the risks that will occur after the purchase so that no one feels disadvantaged. Keywords: Online Consumer Reviews, Risk Perception, Purchase Decisions.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Bisnis Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 02:59 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 02:59 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/37745 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |