PENGARUH KUALITAS LAYANAN ELEKTRONIK, KUALITAS MAKANAN DAN DISKON TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA LAYANAN GOFOOD DI APLIKASI GOJEK DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM ( Studi Pada Mahasiswa Perantau Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Tahun 2024 )

Yuria, Merlyantika (2025) PENGARUH KUALITAS LAYANAN ELEKTRONIK, KUALITAS MAKANAN DAN DISKON TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA LAYANAN GOFOOD DI APLIKASI GOJEK DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM ( Studi Pada Mahasiswa Perantau Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Tahun 2024 ). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1,2 & dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Yuria Merlyantika.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan internet mendorong pengusaha menciptakan inovasi di bidang perdagangan elektonik atau e-commerce. Salah satu contohnya adalah Gojek, Aplikasi ini banyak dimanfaatkan oleh mahasiswa perantau melalui fitur Gofood untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti membeli makanan dan bahan makanan, Namun, banyak dari mereka yang merasa belum puas pada layanan Gofood dikarenakan sering terjadinya perubahan harga dari pihak resto, ketidak sesuaian makanan yang diterima dan waktu tiba driver yang tidak pasti. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan elektronik, kualitas makanan dan diskon terhadap kepuasan pelanggan Gofood dalam perspektif bisnis Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling yaitu data dikumpulkan melalui kuesioner dari 98 responden dan dianalisis dengan software SmartPLS versi 3. Uji analisis data yang digunakan berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi atau r-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan elektronik, kualitas makanan dan diskon berpengaruh positif dan signifikan. Secara keseluruhan, variabel pada penelitian ini memberikan dampak yang positif dan signifikan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan Gofood dalam perspektif bisnis Islam. Kata kunci: Kualitas Layanan Elektronik, Kualitas Makanan, Diskon, Kepuasan Pelanggan, Perspektif Bisnis Islam. ABSTRACT The development of the internet encourages entrepreneurs to create innovations in the field of electronic commerce or e-commerce. One example is Gojek, This application is widely used by students who live away from home through the Gofood feature to meet their daily needs, such as buying food and groceries, However, many of them feel dissatisfied with the Gofood service due to frequent price changes from the restaurant, the incompatibility of the food received and the uncertain arrival time of the driver. This study aims to analyze the effect of electronic service quality, food quality and discounts on Gofood customer satisfaction in an Islamic business perspective. The method used in the study is quantitative with a purposive sampling technique, namely data collected through questionnaires from 98 respondents and analyzed with SmartPLS software version 3. The data analysis tests used are validity tests, reliability tests, hypothesis tests and determination coefficient tests or r-square. The research results show that electronic service quality, food quality and discounts have a positive and significant effect. Overall, the variables in this research have a positive and significant impact on increasing Gofood customer satisfaction from an Islamic business perspective. Keywords: Electronic Service Quality, Food Quality, Discount, Customer Satisfaction, Islamic Business Perspective.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Mar 2025 03:44
Last Modified: 06 Mar 2025 03:44
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/37716

Actions (login required)

View Item View Item