DEVI, ALVIANA (2025) PENGARUH PROMOSI, GRATIS ONGKOS KIRIM DAN DISKON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E COMMERCE TOKOPEDIA DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada Pengguna E-Commerce Tokopedia di Sukarame Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (2MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Seiring dengan perkembangan teknologi terkini dibidang pemasaran adalah adanya platform e-commerce. Dimana e-commerce merupakan penggunaan internet untuk membeli, menjual, mengangkut, atau memperdagangkan data, barang atau jasa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Tokopedia?, Apakah gratis ongkos kirim berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Tokopedia?, Apakah diskon berpengaruh terhadap keputusan pembelian e-commerce Tokopedia?, Bagaimana promosi, gratis ongkos kirim dan diskon terhadap keputusan pembelian dalam perspektif bisnis syariah?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian e commerce Tokopedia, untuk mengetahui pengaruh gratis ongkos kirim terhadap keputusan pembelian e-commerce Tokopedia, untuk mengetahui pengaruh diskon terhadap keputusan pembelian e commerce Tokopedia, dan untuk mengetahui promosi, gratis ongkos kirim dan diskon terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Tokopedia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, adapun populasi dalam penelitian ini yaitu pengguna e-commerce Tokopedia di Sukarame Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang dihitung menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui Google Form. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS versi 4. Uji analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Promosi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian pengguna e commerce Tokopedia di Sukarame Bandar Lampung, Gratis ongkos kirim berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pengguna e-commerce Tokopedia di Sukarame Bandar Lampung, Diskon berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian pengguna e-commerce Tokopedia di Sukarame Bandar Lampung, Dalam perspektif bisnis syariah pada persepsi promosi, gratis ongkos kirim dan diskon berpengaruh terhadap keputusan pembelian yaitu tidak adanya penipuan, kemudharatan dan tidak merugikan penjual dan pembeli, Kata Kunci: promosi, gratis ongkos kirim, diskon, keputusan pembelian, e-commerce Tokopedia. ABSTRACT The development of the latest technology in the field of marketing is the existence of an e-commerce platform. E-commerces is the use of the internet to buy, sell, transport, or trade data, goods or services. The formulation of the problem in this study is Does promotion affect purchasing decisions on Tokopedia e-commerce?, Does free shipping affect purchasing decisions on Tokopedia e commerce?, Does discount affect purchasing decisions on Tokopedia e-commerce?, How do promotions, free shipping and discounts affect purchasing decisions in a sharia business perspective?. The purpose of this study was to determine the effect of promotions on Tokopedia e commerce purchasing decisions, to determine the effect of free shipping on Tokopedia e-commerce purchasing decisions, to determine the effect of discounts on Tokopedia e-commerce purchasing decisions, and to determine promotions, free shipping and discounts on purchasing decisions on Tokopedia e-commerce. This study uses a quantitative method, while the population in this study were Tokopedia e-commerce users in Sukarame Bandar Lampung. The sampling technique used a purposive sampling technique, with a sample size of 100 respondents calculated using the slovin formula. The data collection technique used a questionnaire via Google Form. The data analysis method used is multiple linear regression analysis using SmartPLS version 4 software. The data analysis tests used are validity test, reliability test and hypothesis test. The results of the study indicate that Promotion has a positive and insignificant effect on the purchasing decisions of Tokopedia e commerce users in Sukarame Bandar Lampung, Free shipping has a positive and significant effect on the purchasing decisions of Tokopedia e-commerce users in Sukarame Bandar Lampung, Discounts have a positive and insignificant effect on the purchasing decisions of Tokopedia e-commerce users in Sukarame Bandar Lampung, In the perspective of sharia business on the perception of promotion, free shipping and discounts have an effect on purchasing decisions, namely the absence of fraud, harm and not detrimental to sellers and buyers. Keywords: promotion, free shipping, discount, purchasing decisions, Tokopedia e-commerce.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Bisnis Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 02:39 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 02:39 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/37664 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |