Muhammad, Aldaraja Akbar (2025) PENGARUH EFEK KOMUNITAS, PERSEPSI HARGA, DAN FITUR PRODUK TERHADAP BRAND SWITCHING SMARTPHONE XIAOMI KE MERK LAIN (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (1MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Saat ini, smartphone telah menjadi kebutuhan primer bagi manusia, memicu persaingan antar merek. Perkembangan produk memudahkan konsumen melakukan brand switching, yakni beralih dari satu merek ke merek lain. Di sisi lain, efek komunitas berperan penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Harga adalah jumlah uang yang dibayarkan pelanggan untuk mendapatkan manfaat dari sebuah produk, sementara fitur produk menjadi alat untuk membedakan produk perusahaan dari pesaing. Oleh sebab itu peneliti ingin melakukan penelitian lebih lanjut untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah pengaruh efek komunitas terhadap brand switching smartphone, Apakah persepsi harga berpengaruh terhadap brand switching smartphone, Apakah fitur produk berpengaruh terhadap brand switching Smartphone dan Bagaimana pengaruh efek komunitas, persepsi harga, dan fitur produk terhadap brand switching dalam bisnis islam. Teori yang digunakan adalah manajemen pemasaran Philip Kotler dimana menekankan pentingnya memahami kebutuhan konsumen dan menggunakan bauran pemasaran (4P: Produk, Harga, Distribusi, Promosi) untuk menciptakan nilai dan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah 66 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Metode analisis data menggunakan SEM (struktural equation modeling) dengan menggunakan part least square dan pengolahan data dilakukan menggunakan software smart pls3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis pertama didukung, yaitu tinggi efek komunitas (x1) berpengaruh positif namun tidak sifnifikan terhadap brand switching (y). Hipotesis kedua diterima yaitu semakin bagus Persepsi harga (x2) maka akan berpengaruh secara postif dan signifika terhadap brand switching (y) dan Fitur produk (x3) berdampak positif namun tidak signifikan terhadap Brand Switching(Y). Kata Kunci : Efek Komunitas, Persepsi harga, Fitur produk dan Brand Switching. ABSTRACT Currently, smartphones have become a primary necessity for people, triggering brand competition. Product development facilitates brand switching, where consumers switch from one brand to another. On the other hand, community effects play an important role in influencing purchasing decisions. Price is the amount of money paid by customers to obtain the benefits of a product, while product features serve as a tool to differentiate a company’s product from its competitors. Therefore, the researcher aims to conduct further investigation to address the research questions: What is the impact of community effects on smartphone brand switching? Does price perception affect smartphone brand switching? Do product features influence smartphone brand switching? And how do community effects, price perception, and product features impact brand switching in Islamic business? The theory used is Philip Kotler's marketing management, which emphasizes the importance of understanding consumer needs and using the marketing mix (4P: Product, Price, Place, Promotion) to create value and build long-term relationships with customers. This study uses a quantitative approach. This research was conducted on FEBI UIN Raden Intan Lampung students. The sample in this study was 66 respondents. The data collection method was carried out by distributing questionnaires. The data analysis method uses SEM (structural equation modeling) using least squares and data processing is carried out using smart pls3 software. The research results show that the first hypothesis is supported, namely that the high community effect (x1) has a positive but not significant effect on brand switching (y). The second hypothesis is accepted, namely that the better the price perception (x2), the positive and significant influence it will have on brand switching (y) and product features (x3) will have a positive but not significant impact on brand switching (Y). Keywords: Community Effects, Price Perception, Product Features and Brand Switching.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Bisnis Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 06:46 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 06:46 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/37588 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |