PENGARUH PENDIDIKAN KEUANGAN DI KELUARGA, LITERASI KEUANGAN DAN KESADARAN KEUANGAN TERHADAP PERSONAL FINANCE MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa di Bandar Lampung Angkatan 2020-2021)

JENI, ARIFATUS SALIMAH (2025) PENGARUH PENDIDIKAN KEUANGAN DI KELUARGA, LITERASI KEUANGAN DAN KESADARAN KEUANGAN TERHADAP PERSONAL FINANCE MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa di Bandar Lampung Angkatan 2020-2021). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT 1 5 JENI.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK JENI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Mahasiswa sering mengalami masalah dalam personal finance karena ketidakmampuan mengelola anggaran dengan baik dan keterbatasan sumber pendapatan yang menyebabkan stres keuangan dan kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Keuangan Di Keluarga, Literasi Keuangan Dan Kesadaran Keuangan Terhadap Personal Finance Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa di Bandar Lampung Angkatan 2020-2021) dengan menggunakan teori Tindakan beralasan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan instrument pengumpulan data kuesioner, dan dokumentasi. Dalam proses analisa menggunakan uji regresi linier berganda guna menguji hipotesis. Berdasarkan hasil analisa ditemukan bahwa Variabel Pendidikan keuangan keluarga (X1) berpengaruh positif terhadap personal finance mahasiswa dikota Bandar Lampung dengan nilaiSig yaitu 0,000<0,05. Variabel literasi keuangan (X2) memiliki pengaruh positif terhadap personal finance mahasiswa dikota Bandar Lampung dengan nilai sig yaitu 0,000<0,05. Variabel kesadaran keuangan (X3) berpengaruh positif terhadap dengan P-Value 0,000. Koefisien tersebut signifikan secara statistik dengan tingkat kepercayaan yang ditetapkan dan memiliki nilaiSig yaitu 0,000<0,05. Sehingga bisa disimpulkan bahwa secara simultan variabel Pendidikan keuangan keluarga, literasi keuangan, dan kesadaran keuangan signifikan nilai p-Value yang sangat kecil (0,000) menunjukan bahwa terdapat berpengaruh positif antara variabel independent dengan variabel dependen (Personal finance ). Kata Kunci: Pendidikan keuangan keluarga, literasi keuangan, kesadaran keuangan, personal finance. ABSTRACT Students often experience problems in personal finance due to the inability to manage the budget properly and limited sources of income that cause financial stress and difficulty in meeting daily needs. This study aims to determine the effect of Family Financial Education, Financial Literacy and Financial Awareness on the Level of Personal Finance of Students (Study on Students in Bandar Lampung 2020-2021) using the theory of Reasoned Action. This study uses a descriptive quantitative research type using questionnaire data collection instruments and documentation. In the analysis process using multiple linear regression tests to test the hypothesis. Based on the results of the analysis, it was found that the Family Financial Education Variable (X1) had a positive effect on the personal finance of students in Bandar Lampung City with a Sig value of 0.000 <0.05. The financial literacy variable (X2) has a positive effect on the level of personal finance of students in Bandar Lampung City with a sig value of 0.000 <0.05. The financial awareness variable (X3) has a positive effect on with a P-Value of 0.000. The coefficient is statistically significant with the specified level of confidence and has a Sig value of 0.000 <0.05. So it can be concluded that simultaneously the variables of Family financial education, financial literacy, and financial awareness are significant, the p-Value is very small (0.000) indicating that there is a positive effect between the independent variable and the dependent variable (Personal finance). Keywords: Family financial education, financial literacy, financial awareness, personal finance level.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Feb 2025 04:01
Last Modified: 24 Feb 2025 04:01
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/37574

Actions (login required)

View Item View Item