LODENG, AHSAN (2018) PENGARUH GAYA HIDUP HEDONIS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MENURUT EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Santri Ma’had Al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Gaya hidup selalu mengelami perubahan sering berkembangan zaman. Kehidupan yang semakin medern membawa manusia pada pola perilaku yang unik, yang membedakan individu satu dengan individu lain dalam persoalan gaya hidup. Bagi sebagian orang gaya hidup merupakan suatu hal yang penting karena dianggap sebagai sebuah bentuk ekspresi diri. Mahasiswa yang digolongkan remaja menemukan adanya pergaulan masyarakat kota besar yang mengaruh pada pemenuhan kebutuhan hidip. Kebiasanya remaja yang memiliki kecenderungan gaya hidup hedonis biasanya cenderung kepada memenuhi keinginan dan akan berusaha agar sesuai dengan status sosial, Melalui gaya hidup yang tercermin dengan simbolsimbol tertentu, seperti jajanan, merek dan segala sesuatu yang berhubungan serta dapat menunjukan tingkat status sosial yang tinggi. Hal ini membawa mahasiswa untuk berperilaku konsumtif. Dalam rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apukah Gaya hidup hedonis berpengaruh terhadap perilaku Konsumtif pada Mahasiswa santri Ma’had Al-Jami’ah (2) bagaimana pandangan ekonomi islam terhadap perilaku konsumtif mahasantri ma’had al-jami’ah dan Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh gaya hidup hedonis terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa santri Ma’had Al- Jami’ah (2) untuk mengentahui bagaimana pandangan ekonomi islam terhadap perilaku konsumtif mahasantri ma’had al-jami’ah UIN Raden Intan Lampung dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan mengunakan kuesioner tertutup sebagai alat pengumpulan data primer dengan respondennya adalah mahasantri Ma’had al-Jami’ah yang berjumlah sebanyak 44 mahasantri dari jumlah populasi 290 mahasantri. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Untuk proses analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dengan variabel gaya hidup hedonis sebagai variabel independen dan perilaku konsumtif sebagai variabel dependen. Dari hasil analisis, gaya hidup hedonis memiliki pengaruh yang signifikan terhadap terhadap perilaku konsumtif. uji T yang menghasilkan nilai Thitung > Ttabel yaitu 2.473 > 2.018 dan berdasarkan tingkat sigfikansi (0.018 < 0.05) dapat disimpul bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Untuk kontribusi variabel gaya hidup hedonis dalam menjelasakan pengaruhnya terhadap perilaku konsumtif sebesar 12.7% dan sisanya 73% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat penelitian ini. Dan pandangan ekonomi isalam perilaku konsumsi mahasantri ma’had al-jami’ah belum sepenuhnya sesuai dengan ajaran Islam, hal ini dilihat berdasarkan data responden yang sebagian besar menetujui bahwa gaya hidup hedonisi dalam dirinya ketika berbelanja sesuatu produk adalah adanya faktor gaya hidup hedonis karena ingin mencapai kesenagan dan kepuasan semata.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam |
Depositing User: | ADMINLIB PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 07 Jun 2018 06:28 |
Last Modified: | 07 Jun 2018 06:28 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3746 |
Actions (login required)
View Item |