PENGARUH MOTIVASI, PENGETAHUAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MUZAKKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT DENGAN KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN 2018-2023)

ZAHRATUNNISA, ASEP (2025) PENGARUH MOTIVASI, PENGETAHUAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MUZAKKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT DENGAN KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN 2018-2023). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT 1 5 ZAHRATUNNISA.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ZAHRATUNNISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk yang dominan seorang muslim dan Indonesia juga salah satunya negara yang cukup potensial di bidang zakat. Mayoritas penduduk muslim di Indonesia, yaitu. 237,56 juta jiwa atau 86,7% dari total penduduk Indonesia. Namun masih banyak sekali masyarakat muslim di Indonesia yang belum mau untuk membayar zakat. Di kabupaten pringsewu jumlah muzakki tidak sebanding dengan jumlah penduduk yang ada. Masih banyak sekali masyarakat yang masih awam tentang zakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah motivasi, pengetahuan dan kepercayaan berpengaruh terhadap minat muzakki dalam membayar zakat di badan amil zakat nasional kabupaten Pringsewu dengan kaulitas pelayanan sebagai variable intervening. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Data diambil secara langsung melalui penyebaran kuisioner kepada muzakki. Sampel yang digunakan sebanyak 66 responden dengan menggunakan rumus slovin diambil dengan cara assosiatif. Data yang diperoleh diolah menggunakan alat bantu Smart PLS versi 4. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi tidak berpengaruh terhadap minat muzakki dalam membayar zakat, sedangkan pengetahuan, kepercayaan dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat muzakki dalam membayar zakat. Dan motivasi juga tidak berpengaruh terhadap minat muzakki membayar zakat melalui kualitas pelayanan tetapi pengetahuan dan kepercayaan berpengaruh terhadap minat muzakki mebayar zakat melalui kualitas pelayanan. Kata kunci : Motivasi, Pengetahuan, Kepercayaan, Minat Muzakki. ABSTRACT Indonesia is a country with a dominant population of Muslim and Indonesia is also one of the countries that is quite potential in the field of zakat. The majority of the Muslim population in Indonesia, namely. 237.56 million people or 86.7% of the total population of Indonesia. population of Indonesia. But there are still a lot of Muslim people in Indonesia who do not want to pay zakat. In Pringsewu Regency, the number of muzakki is not proportional to the population. proportional to the existing population. There are still a lot of people who the number of people in Pringsewu are still unfamiliar with zakat. The purpose of this research is to find out whether motivation, knowledge and trust affect the interest of muzakki in paying zakat at the national amil zakat agency in Pringsewu district. pay zakat at the national amil zakat agency of Pringsewu district with service quality as an intervening variable. service as an intervening variable. This research uses a quantitative approach method. Data is taken directly directly through distributing questionnaires to muzakki. The sample used as many as 66 respondents using the slovin formula were taken in an associative way. associative. The data obtained is processed using the Smart PLS version 4 tool. The results showed that motivation has no effect on the interest of muzakki in paying zakat, while knowledge, trust and service quality affect muzakki's interest in paying zakat. service quality affect the interest of muzakki in paying zakat. And motivation also has no effect on muzakki's interest in paying zakat through service quality, but knowledge and trust affect the interest of muzakki in paying zakat but knowledge and trust affect the interest of muzakki in paying zakat through service quality pay zakat through service quality. Keywords: Motivation, Knowledge, Trust, Muzakki Interest.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Feb 2025 03:51
Last Modified: 14 Feb 2025 03:53
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/37421

Actions (login required)

View Item View Item