NURBAITI, Sardiman (2025) PENGARUH IKLAN INSTAGRAM MENGGUNAKAN METODE EPIC MODEL TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNA BANK SYARIAH INDONESIA (Studi Generasi Z di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (4MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Berdasarkan pra survey mayoritas generasi Z di Kota Bandar Lampung menunjukkan minat yang positif terhadap Bank Syariah Indonesia, dengan 70,5% responden sudah mengikuti akun instagram @banksyariahindonesia. Selain itu, 91,85% responden menyatakan ketertarikannya untuk menggunakan layanan Bank Syariah Indonesia. sebagian besar responden 95,1% juga setuju bahwa penyampaian iklan Bank Syariah Indonesia sudah jelas. Hal ini menggambarkan tingkat minat dan ketertarikan yang tinggi terhadap produk dan layanan Bank Syariah Indonesia di kalangan generasi Z di Kota Bandar Lampung. Dari latar belakang diatas, peneliti ingin mengetahui apakah EPIC Model dengan dimensi Empathy, Persuasion, Impact dan Communication berpengaruh terhadap Keputusan Pengguna Bank Syariah Indonesia pada Generasi Z dan untuk mengetahui efektivitas iklan Instagram Bank Syariah Indonesia dengan menggunakan EPIC model. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Iklan melalui Instagram Bank Syariah Indonesia menggunakan Metode EPIC model dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pengguna Bank Syariah Indonesia pada Generasi Z. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode EPIC model dan analisis regresi berganda. Data yang digunakan adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah Generasi Z di Kota Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden pemilik akun Instagram aktif yang merupakan Followers dari akun sosial media Instagram @lifewithbsi. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instagram @lifewithbsi efektif sebagai media promosi pada dimensi empathy, persuasion, impact dan communication, dengan dimensi empathy memiliki tingkat keefektifan paling besar. Selanjutnya, dimensi empathy, persuasion dan communication berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pengguna Bank Syariah Indonesia pada Generasi Z. sedangkan dimensi impact tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pengguna Bank Syariah Indonesia pada Generasi Z. Kata Kunci: empati, persuasion, impact, komunikasi dan keputusan pengguna iii ABSTRACT Based on the pre-survey, the majority of generation Z in Bandar Lampung City showed a positive interest in Bank Syariah Indonesia, with 70.5% of respondents already following the @banksyariahindonesia Instagram account. In addition, 91.85% of respondents expressed interest in using Bank Syariah Indonesia services. most respondents 95.1% also agreed that the delivery of Bank Syariah Indonesia advertisements was clear. This illustrates the high level of interest and interest in Bank Syariah Indonesia products and services among generation Z in Bandar Lampung City. From the above background, researchers want to know whether the EPIC Model with the dimensions of Empathy, Persuasion, Impact and Communication has an effect on the User Decision of Bank Syariah Indonesia in Generation Z and to determine the effectiveness of Bank Syariah Indonesia Instagram advertising using the EPIC model. The purpose of this study is to determine the effectiveness of advertising through Instagram Bank Syariah Indonesia using the EPIC model method and its effect on the decision of Bank Syariah Indonesia users in Generation Z. The type of research used is quantitative research. The analysis method used in this research is the EPIC model method and multiple regression analysis. The data used is primary data by distributing questionnaires. The population in this study is Generation Z in Bandar Lampung City. The sample in this study amounted to 100 respondents who were active Instagram account owners who were Followers of the Instagram social media account @lifewithbsi. The sample collection technique used purposive sampling method. The tests carried out in this study used the help of SPSS 26 software. The results of this study indicate that Instagram @lifewithbsi is effective as a promotional media in the dimensions of empathy, persuasion, impact and communication, with the empathy dimension having the greatest level of effectiveness. Furthermore, the dimensions of empathy, persuasion and communication have a positive and significant effect on the user decision of Bank Syariah Indonesia in Generation Z. Meanwhile, the impact dimension has no influence on the user decision of Bank Syariah Indonesia in Generation Z. Keywords: empathy, persuasion, impact, communication and Generation Z user decisions.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 07:56 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 08:01 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/37410 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |