Faiqoh, Al Zahra (2025) PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI KEAMANAN TRANSAKSI E-WALLET SHOPEEPAY DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA PEMBELIAN KONSUMEN MARKETPLACE SHOPEE (Studi Pada Konsumen Marketplace Shopee Di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (1MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Di era masyarakat modern saat ini, seiring dengan berkembangnya tren digital, gaya hidup masyarakat perlahan berubah, cenderung lebih menyukai hal-hal yang cepat, mudah dan aman yang dapat dilakukan melalui smartphone. Perilaku pembelian masyarakat yang mulai berubah, banyak masyarakat yang memilih berbelanja online melalui aplikasi Marketplace. Alat pembayaran digital semakain berkembang hingga saat ini, terintergrasi kedalam aplikasi dompet digital (E-wallet) yang memungkinkan untuk melakukan pembayaran belanja secara online dengan sangat mudah dan aman. Dengan perkembangan zaman saat ini seseorang melakukan kegiatan konsumsi bukan lagi karena dasar kebutuhan namun karena untuk kesenangan masing-masing individu, sehingga menyebabkan seseorang boros yang dikenal dengan istilah perilaku konsumtif. Dengan demikian nilai-nilai agama dalam aspek religiusitas juga turut menjadi filter yang dapat melindungi setiap individu agar tidak terjebak dalam perilaku konsumtif yang menyimpang dari agama. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Kota Bandar Lampung, populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat pengguna Marketplace Shopee yang melakukan pembayaran secara online melalui E-wallet ShopeePay di Bandar Lampung, sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 orang yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, serta teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer, data dikumpulkan melalui Google form dan dianalisis menggunakan teknik Analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan program SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Kemudian, persepsi keamanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Sedangkan religiusitas (X3) berpengaruh negatif signifikan terhadap perilaku konsumtif. Secara simultan menunjukkan persepsi kemudahan, persepsi keamanan E wallet ShopeePay dan religiusitas berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif pada pembelian konsumen Marketplace Shopee. Kata kunci : Persepsi, Kemudahan, Keamanan, E-wallet, Religiusitas, Marketplace, Perilaku Konsumtif. ABSTRACT In today's modern society, along with the development of digital trends, people's lifestyles are slowly changing, tending to prefer things that are fast, easy and safe that can be done via smartphones. People's purchasing behavior is starting to change, many people choose to shop online through the Marketplace application. Digital payment tools are increasingly developing until now, integrated into digital wallet applications (E-wallets) which make it possible to make online shopping payments very easily and safely. With the development of the current era, a person carries out consumption activities not because of basic needs but because of the pleasure of each individual, causing someone to be wasteful which is known as consumer behavior. Thus, religious values in the aspect of religiosity also serve as a filter that can protect each individual from being trapped in consumer behavior that deviates from religion. This study uses a quantitative research type. This research was conducted in Bandar Lampung City, the population in this study were Shopee Marketplace users who made digital payments through the ShopeePay E-wallet in Bandar Lampung, the sample used in this study was 100 people taken using purposive sampling techniques, questionnaires that had been tested for validity and reliability, and the data analysis technique used was hypothesis testing. The type of data in this study is primary data, data was collected through Google forms and analyzed using Multiple Linear Regression Analysis techniques using the SPSS program. The results of this study indicate that the perception of convenience (X1) has a positive and significant effect on consumer behavior. Then, the perception of security (X2) has a positive and significant effect on consumer behavior. While religiosity (X3) has a significant negative effect on consumer behavior. Simultaneously shows the perception of convenience, perception of security of ShopeePay E-wallet and religiosity have a significant effect on consumer behavior in purchasing at the Shopee Marketplace. Keywords: Perception, Convenience, Security, E-wallet, Religiosity, Marketplace, Consumer Behavior.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 02:45 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 02:45 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/37370 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |