PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, PENGETAHUAN DAN PERSEPSI TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia di Bandar Lampung)

DELA, NOVITA SARI (2025) PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, PENGETAHUAN DAN PERSEPSI TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI DELA NOVITA SARI.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of BAB I, II & DAPUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Di Indonesia, banyak yang sudah mengenal lembaga keuangan berbasis syariah, namun literasi keuangan syariah harus terus ditingkatkan lagi dikalangan masyarkat. Otoritas jasa keuangan berusaha untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah, tetapi pemahaman yang masih rendah akibat kurangnya sosialisasi menjadi masalah. Informasi dan persepsi yang baik akan membantu nasabah dalam memilih bank, religiusitas mempengaruhi perilaku seseorang dalam memilih layanan perbankan. Terutama di Bandar Lampung yang mayoritas beragama islam seharusnya semakin tertarik untuk menggunakan produk tabungan dari bank syariah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari variabel literasi keuangan syariah, pengetahuan dan persepsi terhadap minat menabung di bank syariah dengan mengujikan religiusitas sebagai variabel moderasinya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah bank syaiah di Bandar Lampung dengan sampel sebanyak 96 responden. Alat analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) melalui program SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel litertasi keuangan syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung. Religiusitas tidak mampu memperkuat hubungan antara literasi keuangan syariah terhadap minat menabung. Pengetahuan tidak berpengaruh terhadap minat menabung. Religiusitas mampu memperkuat hubungan antara variabel pengetahuan terhadap minat menabung. Persepsi berpengaruh tidak berpengaruh terhadap minat menabung. Religiusitas tidak mampu memperkuat hubungan antara persepsi terhadap minat menabung. Kata Kunci: Literasi Keuangan Syariah, Pengetahuan, Persepsi, Religiusitas, Minat Menabung, dan Bank Syariah. ABSTRACT In Indonesia, many people are already familiar with sharia based financial institutions, but sharia financial literacy should countinue to be improved among people the public. The financial services authority is trying to improve sharia financial literacy and inclusion, but the low understanding due to lack of socialization is a problem. Good information and perception will help customers in choosing a bank, religiosity influences a person's behavior in choosing banking services. Especially in Bandar Lampung, which is predominantly Muslim, they should be more interested in using savings products from sharia banks. The purpose of this study is to determine and analyze the influence of the variables of sharia financial literacy, knowledge and perception on the interest in saving in sharia banks by testing religiosity as a moderating variable. This study uses quantitative methods. The population used in this study were customers of Islamic banks in Bandar Lampung with a sample of 96 respondents. The data analysis tool used was Structural Equation Modeling (SEM) through the SmartPLS 4 program. The research results show that the variable sharia financial literacy has a positive and significant effect on interest in saving. Religiosity is unable to strengthen the relationship between sharia financial literacy and interest in saving. Knowledge has no effect on interest in saving. Religiosity is able to strengthen the relationship between the knowledge variable and interest in saving. Perception has not effect on interest in saving. Religiosity is unable to strengthen the relationship between perception and interest in saving. Keywords: Sharia Financial Literacy, Knowledge, Perception, Religiosity, Interest in Saving, and Sharia Banks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Feb 2025 07:13
Last Modified: 10 Feb 2025 07:13
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/37357

Actions (login required)

View Item View Item