PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, INOVASI PRODUK, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION LOKAL ERIGO (Studi Pada Remaja Generasi Z Di Kota Bandar Lampung)

THAARIQ, NOVANDRI RAMADHAN (2025) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, INOVASI PRODUK, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION LOKAL ERIGO (Studi Pada Remaja Generasi Z Di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1,2 & dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Thaariq Novandri Ramadhan.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan fashion dan teknologi yang makin dinamis, manusia dituntut dengan cepat dan tepat untuk bertindak agar tidak kalah bersaing. Keputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk pada dasarnya erat kaitannya dengan perilaku konsumen dalam Perusahaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah Social media marketing, Inovasi produk, dan Citra merek berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian produk Erigo? Bagaimana Citra merek dan keputusan pembelian produk Erigo ditinjau dari perspektif bisnis islam?. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui pengaruh Social media marketing, Inovasi produk, dan Citra merek secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian produk Erigo serta mengkaji Citra merek dan Keputusan pembelian produk Erigo ditinjau dari perspektif bisnis islam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh remaja generasi z kota Bandar Lampung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan sampel 100 orang dan analisis data penelitian ini menggunakan analisis model SEM dengan menggunakan SmartPLS versi 4.0 Hasil penelitian ini secara parsial yaitu social media marketing (X1) tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), inovasi produk (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), dan citra merek (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Hasil secara simultan social media marketing, inovasi produk, dan citra merek berpengaruh bersama-sama terhadap keputusan pembelian produk Erigo. Dalam pandangan islam setiap manusia dalam mengkonsumsi suatu barang atau jasa bukan hanya untuk kepuasan dunia melainkan untuk kesejahteraan di akhirat. Allah juga melarang umatnya dalam melakukan kerugian (tabzir dan mubazir). Kata Kunci: Social media marketing, Inovasi Produk, Citra Merek dan Keputusan Pembelian. ABSTRACT This research is motivated by the increasingly dynamic development of fashion and technology, humans are required to act quickly and precisely so as not to lose out in competition. Consumer purchasing decisions regarding a product are basically closely related to consumer behavior within the Company. The formulation of the problem in this research is, do social media marketing, product innovation, and brand image partially and simultaneously influence the decision to purchase Erigo products? How are Erigo's brand image and product purchasing decisions viewed from an Islamic business perspective? The aim of this research is to determine the influence of social media marketing, product innovation, and brand image partially and simultaneously on purchasing decisions for Erigo products and to examine brand image and purchasing decisions for Erigo products from an Islamic business perspective. This research is quantitative research, the population in this research is all Generation Z teenagers in the city of Bandar Lampung. The sample used in this research is probability sampling with a sample of 100 people and data analysis for this research uses SEM model analysis using SmartPLS version 4.0 The partial results of this research are that social media marketing (X1) has no positive and significant effect on purchasing decisions (Y), product innovation (X2) has a positive and significant effect on purchasing decisions (Y), and brand image (X3) has a positive and significant effect on purchasing decisions (Y). The simultaneous results of social media marketing, product innovation, and brand image jointly influence the decision to purchase Erigo products. In the Islamic view, every human being consumes goods or services not only for worldly satisfaction but also for prosperity in the afterlife. Allah also forbids his people from committing losses (tabzir and wasteful). Keywords : Social media marketing, Product Innovation, Brand Image and Purchasing Decisions.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Feb 2025 04:19
Last Modified: 10 Feb 2025 04:19
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/37341

Actions (login required)

View Item View Item