PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PENGGUNA SHOPEE DI BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Gen-Z Pengguna Shopee Di Bandar Lampung)

Rizky, Ananda Faisal (2025) PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PENGGUNA SHOPEE DI BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Gen-Z Pengguna Shopee Di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI RIZKY BAB 1&5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIZKY FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dari temuan pra survey menunjukan bagaimana suatu informasi dapat mempengaruhi suatu minat dalam pembelian, baik itu informasi mengenai produk yang dipasarkan di platform digital maupun informasi dari harga suatu produk yang tertera, hal ini menjadi suatu isu yang sangat menarik untuk dikupas lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan ntuk mengetahui apakah Digital Marketing berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Untuk mengetahui apakah harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Untuk mengetahui secara apakah Digital Marketing dan harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Untuk menjelaskan Digital Marketing dan harga dalam persepktif bisnis Islam. Metode penelitian ini yang digunakan adalah metode Deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability probability sampling dengan metode purposive sampling, jumlah sampel sebanyak 100 Gen-Z Pengguna Shopee Di Bandar Lampung dijadikan sebagai responden. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik regresi linier berganda, teknik koefisien determinasi, uji hipotesis secara parsial (uji T) dan secara simultan (uji F). Hasil pada penelitian ini dengan menggunakan uji hipotesis secara parsial (uji T) menunjukkan Digital Marketing berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli. Harga tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli. Dari uji hipotesis secara simultan (uji F) terlihat bahwa Digital Marketing dan Harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Dalam bisnis Islam, digital marketing dan penetapan harga harus berlandaskan kejujuran, transparansi, dan keadilan. Kata Kunci: Digital Marketing, Harga, Minat Beli Konsumen. ABSTRACT The pre-survey findings show how information can influence interest in purchasing, whether it is information about products marketed on digital platforms or information about the price of a product listed. This is a very interesting issue to be discussed further. This research aims to find out whether digital marketing has a significant effect on buying interest. To find out whether price has a significant effect on buying interest. To find out whether digital marketing and price have a significant effect on buying interest. To explain digital marketing and prices from an Islamic business perspective. This research method is a descriptive method with a quantitative approach. The sampling technique in this research used probability sampling with a purposive sampling method; a total sample of 100 Gen-Z Shopee users in Bandar Lampung were used as respondents. The data analysis techniques used in this research are multiple linear regression techniques, coefficient of determination techniques, partial hypothesis testing (T-test), and simultaneously (F test). The results of this research using partial hypothesis testing (T-test) show that digital marketing has a significant effect on purchase interest. Price does not have a significant effect on purchase intention. From the simultaneous hypothesis test (F-test), it can be seen that digital marketing and price have a significant effect on buying interest. In Islamic business, digital marketing and pricing must be based on honesty, transparency, and fairness. Keywords: Digital Marketing, Price, Consumer Buying Interest.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Feb 2025 08:06
Last Modified: 06 Feb 2025 08:06
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/37316

Actions (login required)

View Item View Item