PENGARUH KEWAJARAN HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DITINJAU DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Pengguna Skiv Rou Scarf Lafiye)

Ra’aina, Indah Navratilova Romel (2025) PENGARUH KEWAJARAN HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DITINJAU DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Pengguna Skiv Rou Scarf Lafiye). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1,2& dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RA-AINA INDAH N.R.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kepuasan konsumen merupakan perasaan atau evaluasi konsumen terhadap produk atau layanan setelah mengonsumsinya, yang mencerminkan apakah produk atau layanan tersebut memenuhi atau melampaui harapan mereka. Biasanya kepuasan konsumen akan timbul karena bebrapa faktor, salah satunya yaitu kewajaran harga dan kualitas produk yang dimana nantinya akan menyebabkan seseorang memiliki rasa ingin membeli suatu barang. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan seberapa besar minat beli konsumen Skiv Rou Scarf Lafiye yang diakibatkan dari kewajaran harga dan kualitas produk melalui kepuasan konsumen sebagai mediasi. Populasi penelitian ini adalah pengguna Skiv Rou Scarf Lafiye, yang jumlahnya tidak diketahui. Jumlah sampel didapatkan sebesar 100 responden di dapat melalui metode lameshow dengan tingkat toleransi 5%. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner secara online melalui google formulir dengan metode analisa menggunakan pendekatan structural equation model dengan aplikasi SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kewajaran harga berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli. Kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli. Kepuasan konsumen mampu memediasi pengaruh kewajaran harga terhadap minat beli. Serta kepuasan konsumen mampu memediasi pengaruh kualitas produk terhadap minat beli. Hasil penelitian dalam pesrpektif bisnis Islam yaitu, prinsip-prinsip bisnis Islam seperti kejujuran, transparansi, dan keadilan harus ditegakkan dalam perusahaan dengan didasarkan pada kepercayaan dan komitmen terhadap nilai-nilai Islam, yang pada akhirnya mendorong minat beli srta loyalitas konsumen. Kata Kunci: Kewajaran Harga, Kualitas Produk, Minat Beli, dan Kepuasan Konsumen. ABSTRACT Consumer satisfaction is the feeling or evaluation of consumers towards a product or service after consumption, reflecting whether the product or service meets or exceeds their expectations. This satisfaction is influenced by several factors, including price fairness and product quality, which can affect consumers' purchase intention. This study aims to determine the extent of consumer purchase intention for the Skiv Rou Scarf by Lafiye, driven by price fairness and product quality through consumer satisfaction as a mediating variable. The population for this study includes users of the Skiv Rou Scarf by Lafiye, with an unknown total population size. The sample size is determined to be 100 respondents, calculated using the Lameshow method with a 5% margin of error. This research employs a quantitative method, with data collection carried out through online questionnaires via Google Forms. Data analysis uses the structural equation modeling approach with the SmartPLS 4 application. The results show that price fairness has a significant positive effect on purchase intention. Product quality also has a significant positive effect on purchase intention. Consumer satisfaction mediates the effect of price fairness on purchase intention, as well as the effect of product quality on purchase intention. In the perspective of Islamic business, principles such as honesty, transparency, and fairness should be upheld by companies, based on trust and commitment to Islamic values, which ultimately promote consumer purchase intention and loyalty. Keywords: Price Fairness, Product Quality, Purchase Intention, Consumer Satisfaction.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Feb 2025 04:03
Last Modified: 04 Feb 2025 04:03
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/37248

Actions (login required)

View Item View Item