PENGARUH STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Febi Angkatan 2019-2020 Pengguna Jasa Maxim)

NURUL, FAQO ISLAMUDIN (2025) PENGARUH STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Febi Angkatan 2019-2020 Pengguna Jasa Maxim). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT 1 5 NURUL FAQO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu kunci keberhasilan perusahaan dibutuhkan sumber daya yang proaktif. Pentingnya pengaruh komunikasi Pemsaran pada perusahaan berperan menumbuhkan suatu ikatan yang terjadi pada pelanggan. Kurangnya tingkat Loyalitas Pelanggan, Banyaknya komplain atau keluhan dari pelanggan membuat pelanggan kurang puas atau bahkan tidak puas dengan aplikasi maxim.. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dan penelitian kepustakaan (library research) dengan jenis pendekatan penelitian kuantitatif dengan Jumlah Sampel 100 Mahasiswa Febi Angakatan 2019-2020. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumen dan kuesioner, kuesioner disebarkan melalui google form dengan pertanyaan dan pernyataan yang dibuat oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan aplikasi SmartPLS versi 3.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Komuniksi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel Komunikasi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan secara simultan atau bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Perspektif Ekonomi Islam memandang bahwa Loyalitas Pelanggan merupakan suatu produk atau jasa ditentukan oleh kepuasan atau ketidakpuasan akan suatu produk sebagai akhir dari proses penjualan. Konsep loyalitas pelanggan lebih banyak diartikan dengan perilaku daripada sikap. Salah satu sikap positif pelanggan dapat ditunjukan melalui setia kepada produk perusahaan dan merekomendasikan produk tersebut kepada pihak lain. Memuculkan rasa loyalitas dalam melaksanakan tugasnya sesungguhnya dirahmati Allah SWT. Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan ABSTRACT One of the keys to a company's success requires proactive resources. The importance of the influence of marketing communication on companies plays a role in fostering a bond between customers. Lack of level of customer loyalty. The number of complaints or complaints from customers makes customers less satisfied or even dissatisfied with the Maxim application This research uses a type of field research (Field Research) and library research (library research) with a quantitative research approach with a sample size of 100 Febi students for 2019-2020. Data collection uses interviews, documents and questionnaires, questionnaires are distributed via Google Form with questions and statements made by researchers. This research uses Structural Equation Model (SEM) analysis based on Partial Least Square (PLS) using the SmartPLS version 3.0 application. The results of this research show that the Marketing Communication and Service Quality variables partially have a positive and significant effect on Customer Loyalty. The results of this research also show that the Marketing Communication and Service Quality variables simultaneously or together have a significant effect on Customer Loyalty. The Islamic Economics Perspective views that Customer Loyalty for a product or service is determined by satisfaction or dissatisfaction with a product as the end of the sales process. The concept of customer loyalty is defined more by behavior than attitude. One of the positive attitudes of customers can be shown through being loyal to the company's products and recommending these products to other parties. Creating a sense of loyalty in carrying out their duties is truly blessed by Allah SWT. Keyword : Marketing Communication, Service Quality,Customer Loyalty

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jan 2025 03:59
Last Modified: 31 Jan 2025 03:59
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/37194

Actions (login required)

View Item View Item