PENGARUH PENERAPAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM APLIKASI SHOPEE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM DENGAN CUSTOMER EXPERIENCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Mahasiswa di Bandar Lampung yang menggunakan Shopee)

GUSTIYANA, NASRI (2025) PENGARUH PENERAPAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM APLIKASI SHOPEE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM DENGAN CUSTOMER EXPERIENCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Mahasiswa di Bandar Lampung yang menggunakan Shopee). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI FULL GUSTIYANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kepuasan konsumen dapat diartikan sebagai salah satu indikator untuk dapat melihat keberhasilan dari suatu perusahan dengan sejauh mana konsumen merasa puas terhadap perusahaan, oleh karena itu sangat krusial bagi suatu perusahaan untuk selalu memperhatikan terhadap pelanggannya apakah merasa sangat puas, puas ataukah tidak puas sama sekali. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan artificial intelligence berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Serta bagaimana penerapan artificial intelligence pada aplikasi shopee berdasarkan perspektif bisnis islam. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner secara online melalui google form. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah para mahasiswa yang menggunakan yang ada di Kota Bandar Lampung. Sampel sebanyak 97 orang dengan menggunakan rumusl Probability Sampling, diambil dengan cara simple random sampling dengan teknik cochran. Analisis data diolah menggunakan SmartPLS versi 4. Artificial Intelligence memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Teori Technology Acceptance Model menjelaskan penerimaan individu terhadap sistem teknologi informasi. Customer experience tidak memoderasi hubungan antara AI dan kepuasan konsumen. Namun, penting memperhatikan penerapan AI dari perspektif Bisnis Islam karena dapat mempengaruhi hukum penggunaannya. Dengan demikian, penerapan AI dari perspektif Bisnis Islam dapat membantu memberikan kepuasan konsumen. Kata kunci : Artificial Intelligence, Kepuasan Konsumen, Customer Experience. ABSTRACT Customer satisfaction can also be seen as an indicator of a company's success by assessing the extent to which consumers feel satisfied with the company. Therefore, it is crucial for a company to always pay attention to whether its customers are very satisfied, satisfied, or not satisfied at all. The aim of this research is to determine whether the application of artificial intelligence has a positive and significant effect on customer satisfaction, as well as to examine the implementation of artificial intelligence in the Shopee application from an Islamic business perspective. This study uses a quantitative approach. The data used are primary data collected by distributing online questionnaires via Google Forms. The population used in this study consists of students in Bandar Lampung City. A sample of 97 respondents was selected using the Probability Sampling formula and collected through simple random sampling with Cochran's technique. Data analysis was processed using SmartPLS version 4. Artificial Intelligence has a positive and significant effect on customer satisfaction. The Technology Acceptance Model theory, which is considered highly influential, generally explains individual acceptance of information technology systems. Customer experience does not moderate the relationship between artificial intelligence and customer satisfaction. However, it is important to consider the application of artificial intelligence from an Islamic Business perspective because it can influence its legal use. Therefore, attention to the application of Artificial Intelligence from an Islamic Business perspective can help provide customer satisfaction. Keywords: Artificial Intelligence, Customer Satisfaction, Customer Experience

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jan 2025 03:37
Last Modified: 31 Jan 2025 03:37
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/37188

Actions (login required)

View Item View Item