PENGARUH DIGITAL LITERACY, TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBAYARAN ZAKAT, INFAQ DAN SEDEKAH SECARA ONLINE (Studi Pada Generasi Muslim Milenial Masyarakat Bandar Lampung)

WARDATI, SOLEHA (2025) PENGARUH DIGITAL LITERACY, TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBAYARAN ZAKAT, INFAQ DAN SEDEKAH SECARA ONLINE (Studi Pada Generasi Muslim Milenial Masyarakat Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi Wardati S..pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Teknologi memberikan dampak yang besar untuk pertumbuhan ekonomi terkhusus dibidang financial technology yang dapat mengembangkan transaksi-transaksi. Salah satu transaksi yang sering ditemui adalah transaksi pembayaran zakat, infaq dan sedekah secara online. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Apakah Digital Literacy berpengaruh terhadap keputusan pembayaran ZIS secara online? (2) Apakah Technology Acceptance Model (TAM) berpengaruh terhadap keputusan pembayaran ZIS secara online? (3) Apakah Religiusitas berpengaruh terhadap keputusan pembayaran ZIS secara online? (4) Apakah digital literacy, technology acceptance model (TAM), dan religiusitas berpengaruh terhadap keputusan pembayaran ZIS secara online?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui pengaruh Digital Literacy terhadap keputusan pembayaran ZIS secara online. (2) Untuk mengetahui pengaruh Technologi Acceptance Model (TAM) terhadap keputusan pembayaran ZIS secara online. (3) Untuk mengetahui pengaruh Religiusitas terhadap keputusan pembayaran ZIS secara online. (4) Untuk mengetahui pengaruh digital literacy, technology acceptance model (TAM) dan religiusitas terhadap keputusan pembayaran ZIS secara online. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program IBM SPSS 26. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan Digital Literacy, Technology acceptance model (TAM) berpengaruh positif dan signifikan. Sedangkan Religiusitas berpengaruh positif dan tidak signifikan. Dalam Islam pemahaman akan teknologi dapat diketahui sejauh mana manusia sering menggunkan layanan teknologi, paham akan teknologi, dan mengerti akan dampak baik dan buruknya akan perkembangan teknologi. Kata Kunci : E-commerce Shopee, Digital Literacy, Technology Acceptance Model (TAM), Religiusitas, Keputusan Pembayaran. ABSTRAK Technology has a big impact on economic growth, especially in the field of financial technology which can develop transactions. One of the transactions that is often encountered is the transaction of paying zakat, infaq and alms online. The problems studied in this study are (1) Does Digital Literacy affect the decision to pay ZIS online? (2) Does the Technology Acceptance Model (TAM) affect the decision to pay ZIS online? (3) Does Religiosity affect the decision to pay ZIS online? (4) Do digital literacy, technology acceptance model (TAM), and religiosity affect the decision to pay ZIS online? This study aims to (1) To determine the effect of Digital Literacy on the decision to pay ZIS online. (2) To determine the effect of the Technology Acceptance Model (TAM) on the decision to pay ZIS online. (3) To determine the effect of Religiosity on the decision to pay ZIS online. (4) To determine the effect of digital literacy, technology acceptance model (TAM) and religiosity on the decision to pay ZIS online. This study uses a quantitative approach method. The type of data used in this study is primary data. The data analysis method used is multiple linear regression analysis using the IBM SPSS 26 program. Based on the results of data analysis, it was concluded that Digital Literacy, Technology Acceptance Model (TAM) has a positive and significant effect.While religiosity has a positive and insignificant effect. In Islam, understanding of technology can be knownthe extent to which humans often use technological services, understand technology, and understand the good and bad impacts of technological developments. Keywords :Shopee E-commerce, Digital Literacy, Technology Acceptance Model (TAM), Religiosity, Payment Decision

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jan 2025 03:33
Last Modified: 31 Jan 2025 03:33
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/37186

Actions (login required)

View Item View Item