PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK HIJAU DAN KESADARAN LINGKUNGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GREEN BEAUTY GARNIER DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada Pembeli Produk Garnier, Sukarame Bandar Lampung)

WILDA, NURYANTI (2025) PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK HIJAU DAN KESADARAN LINGKUNGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GREEN BEAUTY GARNIER DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada Pembeli Produk Garnier, Sukarame Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT 1 5 WILDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI WILDA NURYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pemanasan global telah menimbulkan kekhawatiran yang semakin meningkat di kalangan masyarakat terhadap kerusakan lingkungan, hal ini mendorong peningkatan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian alam. Industri kecantikan dan perawatan diri merespons dengan memproduksi produk - produk yang aman dan ramah lingkungan, salah satunya adalah Garnier, sebuah brand dari L’Oreal Group yang menawarkan berbagai produk perawatan rambut dan kulit. Namun, meskipun telah menerapkan konsep produk ramah lingkungan, data dari Compas Dashboard menunjukkan bahwa brand ini masih berada diposisi ke – 4 di bawah Somethinc, Skintific, dan Scarlett. Studi ini mengidentifikasi adanya ketidakkonsistenan dalam hasil penelitian sebelumnya terkait pengaruh pengetahuan produk hijau dan kesadaran lingkungan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, penelitian ini menganalisis mengenai keputusan pembelian produk hijau ditinjau dalam perspektif bisnis islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pembeli produk Garnier. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 97 responden, dengan teknik purposive sampling dengan kriteria tertentu dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala likert 4 poin. Analisis data menggunakan software SmartPLS Versi 3.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengetahuan produk hijau terhadap keputusan pembelian pada pembeli produk Garnier di Sukarame, Bandar Lampung. Kemudian terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kesadaran lingkungan terhadap keputusan pembelian pada pembeli produk Garnier di Sukarame, Bandar Lampung. Ditinjau dalam perspektif Bisnis Islam, keputusan pembelian kecantikan hijau seperti Garnier dianggap telah menerapkan dan menjalankan prinsip-prinsip Bisnis Islam seperti sertifikasi halal, transparansi (as-shidiq) dan memberikan manfaat (maslahah) bagi kesehatan konsumen dan lingkungan. Kata Kunci: Bisnis Islam, Keputusan Pembelian, Kesadaran Lingkungan, Pengetahuan Produk Hijau. ABSTRACT Global warming has raised public concerns about environmental damage, which has led to increased awareness of the importance of preserving nature. The beauty and personal care industry has responded by producing safe and environmentally friendly products, one of which is Garnier, a brand from the L'Oreal Group that offers a variety of hair and skin care products. However, despite implementing the concept of environmentally friendly products, data from Dashboard Compas shows that this brand is still in 4th position below Somethinc, Skintific, and Scarlett. This study identifies inconsistencies in the results of previous studies related to the influence of green product knowledge and environmental awareness on purchasing decisions. In addition, this study analyzes green product purchasing decisions from an Islamic business perspective. This study uses a causal associative research type with a quantitative approach. The population in this study were all buyers of Garnier products. The sample in this study amounted to 97 respondents, with a purposive sampling technique with certain criteria collected using a questionnaire with a 4-point Likert scale. Data analysis using SmartPLS Version 3.0 software. The results of the study indicate that there is a positive and significant influence between green product knowledge on purchasing decisions of Garnier product buyers in Sukarame, Bandar Lampung. Then there is a positive and significant influence between environmental awareness on purchasing decisions of Garnier product buyers in Sukarame, Bandar Lampung. Viewed from the perspective of Islamic Business, green beauty purchasing decisions such as Garnier are considered to have implemented and implemented Islamic Business principles such as halal certification, transparency (as-shidiq) and providing benefits (maslahah) for consumer health and the environment. Keywords: Islamic Business, Purchasing Decisions, Environmental Awareness, Green Product Knowledge.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jan 2025 02:10
Last Modified: 31 Jan 2025 02:10
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/37165

Actions (login required)

View Item View Item