PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, ORIENTASI PASAR TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING USAHA MIKRO KECIL MENENGAH BERDASARKAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA USAHA MIKRO KECIL, MENENGAH KULINER DI KOTA BANDAR LAMPUNG)

Bagus, Hermawan Bahtiar Prayoga (2025) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, ORIENTASI PASAR TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING USAHA MIKRO KECIL MENENGAH BERDASARKAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA USAHA MIKRO KECIL, MENENGAH KULINER DI KOTA BANDAR LAMPUNG). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT 1 5 BAGUS.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAGUS HERMAWAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan entitas bisnis yang mempunyai peranan strategis dalam meningkatkan perekonomian nasional. Kontribusi UMKM menjadi tulang punggung perekonomian negara terlihat dalam perannya sebagai pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat, proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi, serta mewujudkan stabilitas nasional. Selain itu, UMKM juga sebagai wadah untuk penciptaan wirausaha baru. Tujuan Penelitian Menilai Pengaruh Orientasi Kewirausahaan serta orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing UMKM. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif yang berjenis penelitian deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner secara online melalui google form. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Bandar Lampung. Sampel sebanyak 100 orang yang didapatkan dengan menggunakan rumus Probability Sampling, diambil dengan cara simple random sampling dengan teknik Lemeshow. Analisis data diolah menggunakan SmartPLS versi 4. Hasil Penelitian ini Orientasi Kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah, membuktikan bahwa Orientasi Kewirausahaan yang baik akan meningkatkan Keunggulan Bersaing. Orientasi Pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keunggulan Bersaing, bahwa semakin pengetetahuan mengenai orientasi pasar maka akan cenderung mendukung keunggulan bersaing UMKM. Ditinjau dalam ekonomi Islam seorang wirausaha dianjurkan untuk berorientasi pada kewirausahaan, berorientasi pada pasar dalam segala bentuk bisnis dan usaha yang halal atau diperbolehkan sesuai syari’at dan tidak melanggar aturan syari’at yang ada dalam bentuk apapun. Karena Islam memandang proses usaha sebagai motivasi utama dalam pencapaian kesuksesan dan kesejahteraan. Kata Kunci : Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing. ABSTRACT Micro, small, and medium enterprises (MSMEs) are business entities that have a strategic role in improving the national economy. improving the national economy. The contribution of MSMEs to the backbone of the backbone of the country's economy is seen in its role as a broad economic service to the community, the process of equalizing and increasing income economic services to the community, the process of equalizing and increasing community income, encouraging economic growth, and realizing stability. community, encouraging economic growth, and realizing national stability. national stability. In addition, MSMEs are also a forum for the creation of new entrepreneurs. Objective The study assesses the effect of entrepreneurial orientation and market orientation on the competitive advantage of MSMEs. Translated with DeepL.com (free version)This study uses a quantitative approach method that is a descriptive research type. The data used is primary data by distributing questionnaires online via google form. The population used in this study were Micro, Small and Medium Enterprises in Bandar Lampung City. A sample of 100 people was obtained using the Probability Sampling formula, taken by simple random sampling with the Lemeshow technique. Data analysis was processed using SmartPLS version 4 The results of this research are that Entrepreneurial Orientation has a positive and significant effect on the Competitive Advantage of Micro, Small and Medium Enterprises, proving that a good Entrepreneurial Orientation will increase Competitive Advantage. Market Orientation has a positive and significant effect on Competitive Advantage, that is, the more knowledge about market orientation, the more likely it is to support the competitive advantage of MSMEs. In terms of Islamic economics, an entrepreneur is encouraged to be entrepreneurship-oriented, market-oriented in all forms of business and endeavors that are halal or permissible in accordance with the Shari'ah and do not violate existing Shari'a rules in any form. Because Islam views the business process as the main motivation in achieving success and prosperity. Keywords: Entrepreneurial Orientation, Market Orientation, Competitive Advantage.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2025 08:11
Last Modified: 24 Jan 2025 08:11
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/37081

Actions (login required)

View Item View Item