PENGARUH KEPERCAYAAN, KEPUASAN DAN KOMITMEN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KARTU TRI MENURUT PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung)

Indri, Juwita Sari (2025) PENGARUH KEPERCAYAAN, KEPUASAN DAN KOMITMEN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KARTU TRI MENURUT PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI INDRI JUWITA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Teknologi Informasi (IT) dan komunikasi saat ini banyak dirasakan oleh berbagai sektor di dunia dan terutama di Indonesia. Kemajuan teknologi yang semakin berkembang ini juga di rasakan oleh mahasiswa UIN Raden Intan Lampung. Mahasiswa memiliki keunggulan dalam memahami teknologi baru lebih cepat. Mereka dapat memanfaatkan kemajuan teknologi digital untuk meningkatkan kemampuan, menjalin hubungan, dan memperoleh informasi dengan lebih efektif. Pada tahun 2022 Tri dengan Indosat menggabungkan diri sebagai Indosat Ooredoo Hutchison dengan pendapatan penjualan yang mengalami kenaikan signifikan tiap tahunnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana hubungan antara Kepercayaan, Kepuasan dan Komitmen dengan Loyalitas Pelanggan Kartu Tri. Jumlah responden penelitian ini sebanyak 100 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kepercayaan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Sedangkan Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Komitmen berpengaruh positif dan singnifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Dalam perspektif bisnis Islam pada kepercayaan, kepuasan dan komitmen berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, berupa implementasi tauhid yaitu mampu meyakinkan pelanggann agar tetap menjadi pelanggan yang loyal, implementasi ilmu yaitu memahami dan mengerti apa yang disukai oleh pelanggannya, dan implementasi ibadah yaitu memenuhi tanggung jawab dan kewajiban kepada pelanggan dengan layanan dan produk yang terbaik. Kata Kunci: Kepercayaan, Kepuasan, Komitmen, Loyalitas Pelanggan. ABSTRACT Information Technology (IT) and communications are currently widely used by various sectors in the world and especially in Indonesia. Students at UIN Raden Intan Lampung are also feeling this increasingly developing technological progress. Students have the advantage of understanding new technology more quickly. They can take advantage of advances in digital technology to improve their abilities, build relationships and obtain information more effectively. In 2022, Tri and Indosat will merge as Indosat Ooredoo Hutchison with sales revenue increasing significantly every year. The purpose of this research is to see the relationship between Trust, Satisfaction and Commitment and Tri Card Customer Loyalty. The number of respondents to this research was 100 students. The research results show that Trust has a positive but not significant effect on Customer Loyalty. Meanwhile, satisfaction has a positive and significant effect on customer loyalty. Commitment has a positive and significant effect on Customer Loyalty. In the Islamic business perspective, trust, satisfaction and commitment influence customer loyalty, in the form of implementation of monotheism, namely being able to convince customers to remain loyal customers, implementation of knowledge, namely understanding and comprehending what customers like, and implementation of worship, namely fulfilling responsibilities and obligations. to customers with the best service and products. Keyword: Trust, Satisfaction, Commitment, Customer Loyalty.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2025 07:59
Last Modified: 24 Jan 2025 07:59
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/37075

Actions (login required)

View Item View Item