PENGARUH FASILITAS WISATA, PERSEPSI HARGA, DAN CITRA DESTINASI TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Pengunjung Wisata Alam Bukit Aslan Bandar Lampung)

SOFI, APRILIANI (2025) PENGARUH FASILITAS WISATA, PERSEPSI HARGA, DAN CITRA DESTINASI TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Pengunjung Wisata Alam Bukit Aslan Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI SOFI APRILIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Faktor yang menjadi alasan pengunjung dalam berwisata adalah fasilitas wisata yang dimiliki, harga yang ada pada wisata, dan citra destinasi yang sudah dirasakan. Minat berkunjung kembali sama halnya dengan rasa kepuasan yang telah diperoleh sehingga pengunjung akan terus melakukan kunjungan ketempat yang sama dikarenakan tujuan dalam berwisata dapat dipenuhi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas wisata, presepsi harga, dan citra destinasi terhadap minat berjukung dan kepuasan sebagai variabel mediasi. Metodologi yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data yang diperoleh dari hasil kuisioner yang telah dibagikan kepada sampel penelitian. Sampel pada penelitian ini berjumlah 96 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian menggunakan uji instrumen yang terdiri dari uji validitas dan reabilitas. Menggunakan bantuan aplikasi software Smart.PLS.4 dengan menggunakan hasil uji outer loading dan inner model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas wisata, presepsi harga, dan citra destinasi berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap minat berkunjung kembali pada wisata alam Bukit Aslan. Selanjutnya fasilitas wisata berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pengunjung pada wisata Alam Bukit Aslan, tetapi presepsi harga dan citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung wisata Bukit Aslan. Kepuasan tidak dapat memediasi pengaruh fasilitas wisata terhadap minat berkunjung kembali ke wisata Bukit Aslan. Sedangkan kepuasan dapat memediasi hubungan antara presepsi harga dan citra destinasi terhadap minat berkunjung kembali ke wisata Alam Bukit Aslan Kata Kunci : Fasilitas Wisata, Presepsi Harga, Citra Destinasi, Minat Berkunjung Kembali, dan Kepuasan. ABSTRACT The factors that cause visitors to travel are the tourist facilities they have, the price of the tour, and the perceived image of the destination. The interest in visiting again is the same as the feeling of satisfaction that has been obtained so that visitors will continue to visit the same place because the purpose of the trip can be fulfilled. The aim of this research is to determine the influence of tourist facilities, price perceptions and destination image on visiting interest and satisfaction as mediating variables. The methodology used is to use a quantitative approach with data obtained from the results of questionnaires that have been distributed to the research sample. The sample in this study amounted to 96 people. The data analysis technique used in the research uses instrument tests consisting of validity and reliability tests. Using the help of the Smart.PLS.4 software application using the results of the outer loading and inner model tests. The research results show that tourist facilities, price perceptions and destination image have a positive but insignificant effect on interest in returning to Aslan Hill tourism. Furthermore, tourist facilities have a negative and insignificant effect on visitor satisfaction at the Bukit Aslan Nature tourist attraction, but the perception of price and image of the destination have a positive and significant influence on visitor satisfaction at the Bukit Aslan tourist attraction. Satisfaction cannot mediate the influence of tourist facilities on interest in returning to Aslan Hill tourism. Meanwhile, satisfaction can mediate the relationship between price perception and destination image on interest in returning to the Aslan Hill Nature tourist attraction. Keywords: Tourist Facilities, Price Perception, Destination Image, Interest in Returning, and Satisfaction

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2025 07:53
Last Modified: 24 Jan 2025 07:53
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/37072

Actions (login required)

View Item View Item