PENGARUH VIRAL MARKETING DAN COSTUMERS TRUST TERHADAP BUYING DECISION MELALUI MEDIA PROMOSI AKUN INSTAGRAM @KULINER_LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Followers Akun Instagram @kuliner_lampung)

EKA, YULIANTI (2025) PENGARUH VIRAL MARKETING DAN COSTUMERS TRUST TERHADAP BUYING DECISION MELALUI MEDIA PROMOSI AKUN INSTAGRAM @KULINER_LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Followers Akun Instagram @kuliner_lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI EKAA Cover -  BAB V.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan perilaku konsumen saat ini, kegiatan bisnis perusahaan Sebagian besar menggunakan jaringan internet. Hal ini juga dilakukan perusahaan dalam melakukan promosi. Salah satu kegiatan yang dilakukan perusahaan, yaitu melakukan promosi dengan menggunakan jaringan internet atau yang lebih dikenal dengan digital marketing. Banyak perkembangan teknologi internet yang digunakan didalam kegiatan pemasaran bisnis (e-marketing), salah satu yang berkembang saat ini adalah Viral Marketing. Viral marketing dilakukan agar pesan yang disampaikan dapat diteruskan oleh penerimanya sehingga terjadi penyebaran yang berlipat. Viral marketing bekerja seperti penyebaran virus yang memiliki tujuan agar pesan iklan yang diinformasikan pada masyarakat dapat disebarluaskan kembali berlipat-lipat pada orang lain. Kepercayaan seorang kosumen kepada perusahaan sangatlah dibutuhkan karena bisnis melalui viral marketing menggunakan jaringan internet yang artinya tidak saling bertatap muka dalam bertransaksi. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui pengaruh Viral Marketing dan Customers Trust berpengaruh terhadap Buying Decision. Sumber data penelitian ini menggunakan data primer yang asal nya dari data asli oleh pengumpul data dengan menggunakan kuesioner sebagai Teknik pengumpulan data terhadap 97 responden. Populasi dan sampel pada penelitian ini merupakan Followers dari akun Instagram @kuliner_lampung. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan Teknik purposive sampling dengan kriteria 1) Followers dari akun Instagram @kuliner-lampung, 2) Sering aktif berkomentar dan dan memberikan review dipostingan akun @kuliner_Lampung, 3) Berdomisili di Bandar Lampung atau Lampung. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode statistik. Studi yang dilakukan peneliti adalah untuk mengukur terkait adanya pengaruh positif dari beberapa indikator pada setiap variabel didalamnya dengan menggunakan alat uji statistik dengan SPSS. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan hasil tersebut sesuai dengan hipotesa penelitian yaitu ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Viral Marketing terhadap Buying Decision. Kemudian Customers Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap Buying Decision. Kata Kunci : Viral Marketing, Customers Trust, Buying Decision. ABSTRACT Current developments in consumer behavior, most company business activities use the internet network. This is also done by companies when carrying out promotions. One of the activities carried out by the company is carrying out promotions using the internet network or better known as digital marketing. There are many developments in internet technology that are used in business marketing activities (e-marketing), one of which is currently developing is Viral Marketing. Viral marketing is carried out so that the message conveyed can be passed on by the recipient, resulting in multiple distributions. Viral marketing works like spreading a virus which aims to ensure that advertising messages communicated to the public can be disseminated many times over to other people. A consumer's trust in a company is really needed because businesses through viral marketing use the internet network, which means they don't meet each other face to face in transactions. The aim of this research is to determine the influence of Viral Marketing and Customers Trust on Buying Decisions. The data source for this research uses primary data which originates from original data by data collectors using questionnaires as a data collection technique for 97 respondents. The population and sample in this research are followers of the Instagram account @kuliner_lampung. The sampling technique uses a non-probability sampling method with a purposive sampling technique with the criteria 1) Followers of the Instagram account @kuliner-lampung, 2) Often actively commenting and providing reviews posted on the @kuliner_Lampung account, 3) Domiciled in Bandar Lampung or Lampung. The research method uses a quantitative approach with statistical methods. The study carried out by the researchers was to measure the positive influence of several indicators on each variable in it using statistical testing tools with SPSS. Based on the research that has been carried out, these results are in accordance with the research hypothesis, namely that there is a positive and significant influence between Viral Marketing on Buying Decisions. Then Customers Trust has a positive and significant effect on Buying Decisions. Kata Kunci : Viral Marketing, Customers Trust, Buying Decision.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2025 07:40
Last Modified: 24 Jan 2025 07:40
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/37064

Actions (login required)

View Item View Item